Kabar Gembira! Indeks Pembangunan Manusia di Lutim Terus Meningkat

fitra budin
Rabu, 15 Feb 2023 21:15
Kabar Gembira! Indeks Pembangunan Manusia di Lutim Terus Meningkat
Sekkab Lutim Bahri Suli saat membuka Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemda Tahun 2024 di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Rabu (15/02/23). Foto/Fitra Budin
Comment
Share
LUWU TIMUR - 2024 merupakan tahun ketiga bagi Pemerintah Kabupaten Luwu Timur (Pemkab Lutim) dalam upaya pencapaian visi 'Luwu Timur Berkelanjutan dan Lebih Maju Berlandaskan Nilai Agama dan Budaya'.

Hal tersebut disampaikan Sekertaris Kabupaten (Sekkab) Lutim, Bahri Suli, saat membuka Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Pemda) Tahun 2024, di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Rabu (15/02/23).



Ia menyebut Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Lutim semakin membaik atau masuk dalam kategori 'Tinggi'. Dari mulanya 73,34 persen pada 2021 menjadi 73,92 persen pada 2022. Capaian indikator makro di sektor kemiskinan juga mengalami penurunan dari 6,94 persen menjadi 6,81 persen.

"Capaian tersebut menunjukkan bahwa kualitas manusia di Lutim terus mengalami peningkatan baik dari sisi pendidikan, menjawab permasalahan dan tantangan yang dihadapi Pemda dan masyarakat secara tepat dan strategis," jelas dia.

Menurutnya, arah kebijakan ekonomi daerah harus sejalan dengan kemampuan keuangan daerah dalam rangka membiayai program-program pemerintah pada pelbagai sektor.

"Hal itu untuk mendorong laju pertumbuhan ekonomi daerah dan menjadi patron dalam merumuskan perencanaan pembangunan daerah. Sehingga dianggap perlu bagi kita menyusun kebijakan-kebijakan yang dapat memperkuat kapasitas fiskal daerah ke depan," kata Bahri.



Selain itu, untuk perencanaan pembangunan 2024, ia berpesan agar seluruh SKPD dapat menjabarkan visi dan misi Pemda dengan sebaik-baiknya.

"Dengan cara menyusun sasaran SKPD, program prioritas beserta indikator kinerjanya yang terukur dan tersedia datanya yang relevan dan terkait langsung dengan capaian visi dan misi. Terutama capaian variabel makro ekonomi yang termuat dalam indikator kinerja utama Pemda," pungkasnya.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru