Taufan Pawe Dukung Implementasi Politik Berperspektif Gender

Darwiaty Dalle
Selasa, 04 Jul 2023 21:22
Taufan Pawe Dukung Implementasi Politik Berperspektif Gender
Wali Kota Parepare, Taufan Pawe saat membuka sosialisasi Pendidikan Politik Berspektif Gender yang digelar Kesbangpol Parepare. Foto/Darwiaty Dalle
Comment
Share
PAREPARE - Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, membuka kegiatan sosialisasi Pendidikan Politik Berperspektif Gender yang digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Polittik (Kesbangpol) di gedung Auditorium BJ Habibie, Kompleks Rumah Jabatan Walikota Parepare, Selasa (4/7/2023).

Taufan dalam sambutannya mengatakan, mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, pendidikan politik jangan diartikan semata-mata sebagai isu politik praktis, tetapi secara menyeluruh khususnya politik kesejahteraan bagi perempuan.



Pemberlakukan kuota pencalonan perempuan, lanjut Taufan, minimal 30% sangat berpengaruh terhadap keterlibatan perempuan berdasarkan aturan Mahkamah Konstitusi. Taufan menguraikan, peran perempuan tidak hanya dibutuhkan dikepemiliuan saja, namun juga dilibatkan dalam berbagai lining sektor dalam memajukan pembangunan daerah.

Selama memimpin Parepare dua peidode, kata Taufan, kesetaraan gender tidak perlu diragukan lagi, perempuan harus diberi ruang. Dia mengungkapkan jika para pejabat di lingkup Pemerintah Kota Parepare juga diperankan 30 persen keterwakilan perempuan.

"Buktinya, asisten saya ada tiga dan dua di antaranya perempuan, juga kepala bagian ada sembilan orang dan lima ddi antaranya adalah perempuan. Dari awal kepemimpinan saya, selalu berpikir bagaimana isu gender ini secara implementasi dari sisi politik pemerintahan harus dimplementasikan," tambahnya.

Di akhir sambutannya, Wali Kota Parepare dua periode ini menyampaikan terima kasih kepada kaum perempuan yang telah terlibat dalam memajukan pembangunan daerah sehingga membawa kesejukan di Parepare.

Sementara Kabid Politik Dalam Negeri Kesbangpol Parepare, Sodik, menjelaskan secara teknis kegiatan sosialisasi pendidikan politik perspektif gender itu akan dilaksanakan selama empat hari diikuti 75 orang peserta tiap kecamatan.



"Untuk Kecamatan Bacukiki digelar di Hotel Pare Beac pada hari rabu besok 5 Juli 2023, kemudian Kamis 6 Juli untuk Kecamatan Bacukiki Barat digelar di Hotel Pare Bech, Jumat 7 Juli untuk Kecataman Ujung digelar di Hotel Bugis, dan terakhir untuk Kecamatan Soreang akan digelar di Hotel Platinum pada hari Sabtu 8 Juli 2023," paparnya.

Sosialisasi itu kata dia, untuk menjalankan aturan Mahkamah Konstitusi jika keterwakilan suara perempuan 30 persen dibutuhkan pada pemilu 2024 mendatang.

"Sehingga partisipasi masyarakat secara khusus keterwakilan perempuan dalam berpolitik dapat bisa lebih banyak pada pemilu 2024 mendatang," tandasnya.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru