2.897 Calon Mahasiswa Lulus UMM UIN Alauddin Makassar

Luqman Zainuddin
Rabu, 02 Agu 2023 12:41
2.897 Calon Mahasiswa Lulus UMM UIN Alauddin Makassar
Sebanyak 2.897 calon mahasiswa lulus UMM UIN Alauddin. Foto: Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - UIN Alauddin Makassar resmi mengumumkan hasil seleksi jalur ujian masuk mandiri (UMM) tahun akademik 2023/2024, Selasa (1/8/2023) pukul 16.00 Wita.

Dari hasil seleksi tersebut, sebanyak 2.897 orang calon mahasiswa baru (camaba) dinyatakan lulus pada jalur UMM dari 55 program studi (prodi) yang tersedia dan tersebar di delapan fakultas.

Dalam seleksi ini, ada lima prodi paling banyak pendaftar yakni Pendidikan Dokter sebanyak 711 orang, kemudian Manajemen 472 orang. Selanjutnya, Teknik Informatika 458 pendaftar, Farmasi 423 pendaftar dan Ilmu Hukum 386 pendaftar.

Kepala Biro Administrasi Akademik Kemhasiswaan dan Kerjasama, Kaswad Sartono menyampaikan selamat atas kelulusan para calon mahasiswa baru.



"Semoga kelulusan para camaba ini menjadi langkah awal yang menginspirasi menuju kesuksesan di UIN Alauddin Makassar. Selamat bergabung dan sukses menempuh pendidikan di kampus ini!," ujarnya seperti dalam siaran pers yang diterima.

Kaswad Sartono menekankan bahwa dalam proses seleksi seperti UMM, ada yang lulus dan ada yang tidak lulus. Ia berharap para camaba yang tidak lulus tidak berkecil hati, karena perjuangan akademik masih berlanjut dan kesempatan untuk mencapai cita-cita tetap terbuka lebar.

Bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lulus seleksi, Kaswad Sartono mengimbau agar mereka segera melakukan registrasi ulang melalui situs resmi pmb.uin-alauddin.ac.id. Proses registrasi ini dimulai setelah calon mahasiswa baru mendapatkan balasan validasi dari panitia melalui Email/WhatsApp.

Setelah mendapatkan validasi, calon mahasiswa diwajibkan login menggunakan ID/USER (No.Hp) dan PASSWORD yang telah dibuat saat melakukan REGISTRASI awal. Selanjutnya, peserta harus mengisi dan melengkapi data diri, data orang tua, data tempat tinggal, data sekolah, serta melampirkan Surat Kesehatan dari Poliklinik UIN Alauddin.



Kaswad juga menjelaskan proses pemeriksaan kesehatan yang harus diikuti oleh calon mahasiswa baru. Mereka harus mengambil nomor antrean melalui laman daftarulang.uin-alauddin.ac.id untuk mendapatkan pemeriksaan kesehatan di Poliklinik UIN Alauddin.

Selain itu, calon mahasiswa diwajibkan untuk mengumpulkan berkas-berkas penting, seperti foto slip gaji/penghasilan orang tua, foto kartu keluarga terbaru, foto slip pajak bumi dan bangunan terbaru, serta foto rumah (jika tidak memiliki rumah, harus menyertakan surat keterangan dari kecamatan atau kelurahan/desa setempat) dan foto slip bukti rekening listrik terbaru atau token.

Proses registrasi dianggap selesai jika calon mahasiswa baru telah melakukan pengisian data 100% di aplikasi dan berhasil mengumpulkan berkas pendaftaran ulang hasil print out dari aplikasi pmb.uin-alauddin.ac.id. Kaswad menegaskan bahwa calon mahasiswa baru dianggap mengundurkan diri jika proses REGISTRASI tidak mencapai 100%.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru