Pemkab Luwu Turunkan Tim Riset untuk Pengembangan IKM Barambing

Chaeruddin
Selasa, 17 Okt 2023 15:50
Pemkab Luwu Turunkan Tim Riset untuk Pengembangan IKM Barambing
Kepala Bappelitbangda, Moch Arsal Arsyad memimpin seminar pendahuluan rancangan riset strategi optimalisasi sentra IKM Barambing. Foto: Chaeruddin
Comment
Share
LUWU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu menurunkan tim riset untuk mengkaji pola dan strategi pengembangan IKM Barambing yang berada di Kecamatan Suli.

Selama di Luwu, tim riset yang terdiri dari beberapa orang tersebut akan melakukan kajian lapangan terkait IKM Barambing serta merumuskan strategi pengelolaannya hingga berkembang.

Mengawali tugas mereka, tim ini melakukan seminar pendahuluan rancangan riset strategi optimalisasi sentra IKM Barambing Kabupaten Luwu Tahun Anggaran 2023 yang dipimpin Kepala Bappedalitbangda, Moch Arsal Arsyad, di Ruang Rapat Bappelitbangda, Selasa, (17/10/2023).



Arsal, mengungkapkan pembangunan IMK Barambing sudah banyak menelan anggaran hingga 29 miliar. Bangunan sudah berdiri namun belum bisa dioptimalkan dengan baik.

"Aset kita ini luar biasa, olehnya itu, diakhir 2023 ini kita berusaha merancang bagaimana strategi aset kita ini bisa dimanfaatkan dengan maksimal," ujarnya

Mantan Kepala BKAD Luwu ini menyampaikan, dari segi bangunan, fasilitas dan potensi IKM Barambing sangat bagus dan menjanjikan. Olehnya itu tim riset yang diturunkan Pemkab Luwu bisa membuat IKM Barambing kedepan lebih maju.

"Harapan kita bagaimana IKM Barambing ini bisa menumbuhkan sektor ekonomi baru di Luwu serta memberikan layanan kepada pengendara yang lewat, karena potensi itu ada dengan melihat wilayah Luwu juga menjadi salah satu persinggahan," bebernya.

Diungkapkan Arsal, tempat lain bisa ramai karena ditunjang pelayanan dan fasilitas yang disiapkan sangat baik. "Bahkan daerah lain, tokonya tutup namun pengunjung tetap singgah karena ada fasilitas yang mereka dibutuhkan seperti mushola yang bagus dan toilet yang bersih, termasuk segi penerangan yang bagus," paparnya.



Harry Hardian Sakti, Tim Peneliti dari Unismuh Bulukumba, berharap hasil kajian sebagai bentuk strategi pemasaran yang mereka lahirkan nantinya bisa memberikan daya tarik kepada masyarakat dan pengunjung.

"Harapan kita IKM Barambing memiliki daya tarik, sehingga dibutuhkan strategi pemasaran. Indikasi awal kami, IKM ini sudah berjalan namun menemui kendala prasarana dasar," jelasnya.

"Faktor eksternal yang kami tangkap, sekitar IKM juga telah tumbuh pusat UKM yang dikelolah swasta, sehingga ini menjadi menarik dan menjadi pekerjaan rumah kita," tutup Harry Hardian Sakti.
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru