Tim Surveior Akreditasi Rumah Sakit Kunjungi RSUD I Lagaligo Luwu Timur

fitra budin
Kamis, 23 Feb 2023 16:40
Tim Surveior Akreditasi Rumah Sakit Kunjungi RSUD I Lagaligo Luwu Timur
Tim Surveior Akreditasi Rumah Sakit saat berada di RSUD I Lagaligo Luwu Timur, Rabu (23/2/2023). Foto/Sindo Makassar/Fitra Budin
Comment
Share
LUWU TIMUR - Tim Surveior Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) melakukan kunjungan lapangan ke RSUD I Lagaligo Wotu, Kabupaten Luwu Timur, Rabu (22/2/2023). Kunjungan itu untuk melakukan survei sejauh mana peningkatan mutu pelayanan RSUD I Lagaligo.

Kedatangan Tim Surveior KARS yang terdiri dari Dr Muhammad Basir Palu, selaku Ketua bersama Dr Abubakar Betan, ini disambut Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) I Lagaligo, dr Benny didampingi Sekretaris Dinas Kesehatan, Andi Tulleng dan jajaran RSUD I Lagaligo Wotu.

Akreditasi adalah kewajiban bagi setiap Rumah Sakit dalam upaya peningkatan mutu pelayanan rumah sakit yang wajib dilakukan secara berkala minimal tiga tahun sekali.

Baca juga: Rapat Pemilihan Wakil Bupati Luwu Timur Dilakukan Secara Tertutup

Survei akreditasi rumah sakit oleh KARS terhadap RSUD I Lagaligo, juga sebagai bentuk komitmen rumah sakit untuk terus meningkatkan mutu serta kualitas pelayanan bagi masyarakat sesuai dengan visi dan misi rumah sakit.

Dalam kunjungan lapangan ini, tim survei terbagi dua kelompok, masing-masing melakukan penilaian dengan mengunjungi setiap POLI, ruang rawat inap, toilet pasien, ruang ICU, Laboratorium, bahkan tempat sampah dan cara cuci tangan pun tidak luput dari penilaian kedua surveior ini.

Selain itu, tim surveior juga bertanya tentang penanganan kasus stunting yang dilakukan oleh RSUD I Lagaligo yang dibuktikan dengan dokumen-dokumen pendukung.

Baca juga: Dua Calon Wakil Bupati Luwu Timur Paparkan Visi Misi di Kantor DPRD

Berbagai saran dan masukan dari kedua surveior tersebut disampaikan kepada setiap penanggung jawab POLI guna lebih meningkatkan lagi pelayanan-pelayanan masyarakat di RSUD I Lagaligo.

Direktur RSUD I Lagaligo, dr Benny mengucapkan terima kasih atas kedatangan Tim Surveyor ke Luwu Timur.

"Harapan kami, semoga lelah Tim Surveior dapat terobati dengan pelayanan yang kami berikan. Dan semoga hasil survei yang akan dilakukan hari ini dan esok sesuai dengan harapan kami," harap dr Benny.

Baca juga: PT Vale Dukung Sektor Unggulan Kelautan dan Pertanian di Kawasan Pesisir Malili

Ketua Surveior KARS, Dr Muhammad Basir Palu, saat dikonfirmasi mengaku, kedatangannya ke RSUD I Lagaligo ini adalah memenuhi permintaan bapak Bupati melalu pak Direktur untuk melakukan Akreditasi kepada sarana pelayanan kesehatan tersebut.

Ia pun mengungkapkan kesannya terhadap rumah sakit milik pemerintah ini, sekaligus mengapresiasi karena RSUD I Lagaligo ini mempunyai pelayanan yang lengkap padahal letaknya bukan di ibu kota kabupaten.

"Ini sangat luar biasa dan satu pertimbangan, karena ada fasilitas kesehatan yang bagus di satu kecamatan padahal Malili ibu kota. Rata-rata daerah lain rumah sakitnya di ibu kota, namun itu tidak mengurangi sistem, karena merujuk dari Malili ke sini dalam proses rujukan sudah lengkap, mulai sistem informasinya, proses pengangkutan transportasinya, dimana yang mengantar dan menerima sudah terlatih prosedurnya," tuturnya.

Baca juga: Terima SK, 50 PNS Luwu Timur Diminta Disiplin Jalankan Amanah

"Itu semua sudah menandakan bahwa pelayanan kesehatan khususnya rumah sakit rujukan oleh Pemerintah Luwu Timur menandakan bahwa Pemda Lutim sangat care terhadap kesehatan dan keselamatan masyarakatnya," tambah Ketua Tim Surveior, Muhammad Basir Palu.

Sebagai informasi, Kegiatan Akreditasi RSUD I Lagaligo dimulai sejak 21 hingga 23 Februari 2023.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru