Mahasiswa Administrasi Bisnis Internasional Polipangkep Juara 1 PC-Fest 2023

Tim Sindomakassar
Kamis, 02 Nov 2023 15:34
Mahasiswa Administrasi Bisnis Internasional Polipangkep Juara 1 PC-Fest 2023
Qaulan Zakilah Aulia sukses menjadi juara di Polytechnic Creative Festival (PC-Fest). Foto: Istimewa
Comment
Share
PANGKEP - Qaulan Zakilah Aulia Ihwan sukses menarik perhatian juri dengan karya artikelnya. Karya itu diganjar Juara 1 Kategori Teras Berita News Writer Polytechnic Creative Festival (PC-Fest).

Karya Qaulan bersanding dengan puluhan karya lain dari berbagai Politeknik se-Indonesia. Cukup membanggakan, sebab sehari-harinya Qaulan bukanlah mahasiswa jurnalistik melainkan mahasiswa Program Studi Adiministrasi Bisnis Internasional (ABI) Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan (Polipangkep).

Kebanggaan itu salah satunya diungkapkan Ketua Prodi ABI Polipangkep, Wiwiek Hidayati, yang dengan sukarela ikut pula mendampingi mahasiswa berkompetisi di PC-Fest yang dilaksanakan di Politeknik Media Kreatif, Jakarta Selatan, Senin-Rabu, 9-11 Oktober 2023 lalu. Wiwiek mengaku tak menyangka mahasiswanya bisa menulis artikel layaknya jurnalis, padahal tak pernah diajarkan di mata kuliah di prodinya.

Wiwiek bilang, prestasi inipun diperoleh berkat dukungan penuh pimpinan Polipangkep dalam hal ini Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, yang sigap melirik bakat mahasiswa Polipangkep dan dengan semangat memberi dukungan berupa pelatihan dan bimbingan teknis.

“Untuk sampai di ajang kompetisi ini, mahasiswa harus melewati seleksi internal Polipangkep terlebih dahulu. Mahasiswi yang dinyatakan lolos seleksi internal kemudian diberi pelatihan (coaching) langsung oleh praktisinya. Persiapan ini kami lakukan itu kurang lebih sebulan, mulai dari seleksi internal hingga coaching,” jelas Wiwiek.

Selain Qaulan yang mengikuti lomba menulis, lanjut Wiwiek, tiga orang mahasiswa Polipangkep lainnya juga mengikuti jenis lomba lain di ajang yang sama. Mereka yakni Ahmad Anugrah Wahidin yang mengikuti lomba Video Documenter, Rifky Anwar dengan lomba Street Photography, serta Nabila Padilla yang mengikuti lomba digital poster.

Prestasi membanggakan juga diperoleh oleh Ahmad Anugrah Wahidin yang juga berhasil meraih juara II kategori naskah video dokumenter.

“Saya tidak menyangka, kami mahasiswa yang berasal dari rumpun pertanian mampu bersaing dengan mahasiswa dari industri kreatif dan mampu memenangkan kategori perlombaan yang ada,” lirih Ahmad Anugrah Wahidin.

Sementara itu, Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Polipangkep Nur Rahmawaty Arma mengucapkan rasa syukurnya atas prestasi membanggakan yang diraih mahasiswa di ajang bergengsi tahunan tersebut.

PC-Fest merupakan ajang tahunan yang digelar Badan Koordinasi Kemahasiswaan Politeknik Se-Indonesia (Bakorma). Tahun ini yang menjadi tuan rumah kegiatan adalah Politeknik Media Kreatif, Jakarta Selatan dan diikuti oleh 19 Politeknik Negeri se-Indonesia dengan total 99 peserta untuk sembilan jenis mata lomba.

Tidak hanya menghadirkan perlombaan kreatif, namun juga memberikan wadah penghargaan bagi industri yang berperan aktif dalam mewujudkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Hal tersebut dibuktikan dengan pengadaan Creative Masterclass kepada pesertanya dan Polimedia Fair sebagai ajang memamerkan hasil karya terbaik dari seluruh Politeknik di Indonesia.

Kegiatan PC-Fest tahun ini memiliki sembilan jenis mata lomba, yaitu News Writer, News Anchor, Street Photography, Fashion Photography, Video Documenter, Campus Magazine, Campus Online, Digital Poster, dan Painting Poster.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru