Desa Malewong Juara Pertama Penyetoran PBB Lewat QRIS

Chaeruddin
Rabu, 06 Des 2023 11:38
Desa Malewong Juara Pertama Penyetoran PBB Lewat QRIS
Sekda Luwu, H Sulaiman, menerima penghargaan QRIS Champion of the Year 2023 kategori pemerintah daerah. Foto/Chaeruddin
Comment
Share
MAKASSAR - Desa Malewong dinobatkan sebagai juara pertama, QRIS Champion of the Year 2023 kategori pemerintah daerah, desa atau kelurahan dengan porsi realisasi pendapatan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) via QRIS terbanyak tahun 2023.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Luwu, Andi Palanggi, menyampaikan hal tersebut usai menghadiri High Level Meeting (HLM) Rapat Koordinasi Percepatan Implementasi Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD) se-Sulawesi Selatan dan Apresiasi Stakeholder Ekonomi dan Keuangan Digital Sulawesi Selatan, Rabu, (6/12/2023).

Dijelaskan Kepala Bapenda, sejumlah desa di Luwu sebenarnya masuk kategori pemenang, namun gugur oleh desa dan kelurahan lainnya. Hanya Desa Malewong, yang berhasil lolos dan menjadi juara pertama. "100 persen transaksi PBB Desa Malewong melalui QRIS," ujarnya.

Meski demikian, Kepala Bapenda, menyampaikan juara umum transaksi digitalisasi melalui Qris diraih oleh Kabupaten Sidrap. "Kendala kita, teman-teman di OPD belum konsisten. Semua OPD harus konsisten, karena kita sudah bagi semua ke OPD, per wajib pajak, semua teman di OPD belum terlalu niat menggunakan QRIS milik BI," ujarnya.

Meski demikian, Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Luwu, optimis, tahun 2024 mendatang Luwu bisa di angka 75 persen penggunaan QRIS, baik di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu, maupun oleh sumber pajak lainnya, seperti rumah makan dan usaha penginapan atau perhotelan.

"Kita tetap optimis dan tidak berhenti mensosialisasikan transaksi digitalisasi melalui QRIS. Insya Allah, tahun depan, kita bisa di angka 75 persen, baik oleh OPD maupun para pelaku usaha, rumah makan dan perhotelan," kuncinya.

Dalam rangka meningkatkan Implementasi Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD), Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Provinsi Sulawesi Selatan, melaksanakan High Level Meeting (HLM) Rapat Koordinasi Percepatan Implementasi Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD) se-Sulawesi Selatan.

Kegiatan ini juga dirangkai apresiasi stakeholder ekonomi dan keuangan digital Sulawesi Selatan. Selasa hingga Kamis, 7 Desember 2023 di Claro Hotel, Kota Makassar. Mereka yang hadir, para kepala daerah, kepala BKAD dan Kepala Bapenda se Sulawesi Selatan.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru