PUTR Luwu Kucurkan Anggaran Jalan Rp22 M, Irigasi Rp10 Miliar

Chaeruddin
Jum'at, 19 Jan 2024 15:21
PUTR Luwu Kucurkan Anggaran Jalan Rp22 M, Irigasi Rp10 Miliar
Kepala Dinas PUTR Luwu, Ikhsan Asaad. Foto: Chaeruddin/Sindo Makassar
Comment
Share
LUWU - Dinas PUTR Kabupaten Luwu mengelolah anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) khusus untuk pengaspalan jalan sebesar Rp22 miliar tahun ini. Selain jalan, PUPR juga mendapat DAK irigasi sebesar Rp10 miliar.

Kepala Dinas PUTR Luwu, Ikhsan Asaad menyebutkan anggaran tersebut diprioritaskan pada 3 ruas pengaspalan jalan dan 3 Daerah Irigasi (DI) di Kabupaten Luwu.

"Kami dapat DAK 22 miliar untuk pengaspalan di Larompong Selatan 2 ruas dan di Walenrang Timur satu ruas," katanya. Menurutnya, seluruh proyek pengaspalan ini telah dilakukan teken kontrak.

"In Shaa Allah, dalam waktu dekat sudah jalan. Paling lambat bulan Februari," ujarnya. Dijelaskan, DAK Rp22 miliar untuk tahun 2024 difokuskan pada pembangunan infrastruktur jalan yang mendukung peningkatan bidang perikanan.

"Tahun 2023 kita fokus pembangunan infrastruktur pendukung peningkatan bidang pertanian. Tahun ini, kita mendorong peningkatan sektor perikanan. Ini sinkron dengan program nasional dan sejalan dengan program kementerian pertanian dan Kementerian PUPR," jelasnya.

Disinggung pengaspalan jalan Kandoa-Balambang, Ikhsan Asaad, memberikan waktu bulan maret sudah bisa berjalan. "Dana Bagi Hasil Kelapa Sawit Rp2,3 miliar poros Kandoa-Balambang juga masuk. Perencanaan bulan ini, berarti februari atau Maret sudah dikerja," terangnya.

Selanjutnya untuk DAK irigasi, akan dibangun DI di Desa Tanarigella Kecamatan Bua, DI Larompong dan DI Tomonto Kecamatan Walenrang Utara.

Dalam kesempatan ini, Kepala Dinas PUTR Luwu, juga mengklarifikasi sejumlah proyek bantuan keuangan dari Pemprov Sulsel di Kecamatan Bastem Utara. Dirinya mengakui, adanya perbaikan di sejumlah titik pekerjaan.

"Memang ada sedikit perbaikan dan itu sudah dikerja karena proyek ini masih tahap pemeliharaan. Kita sama pantau, jika ada kerusakan sampaikan ke kami untuk kita teruskan ke rekanannya," kuncinya.
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru