Palopo Peringati Hari Peduli Sampah Nasional

Chaeruddin
Rabu, 21 Feb 2024 22:35
Palopo Peringati Hari Peduli Sampah Nasional
Pj Wali Kota Palopo, Asrul Sani menghadiri acara peringatan HPSN di Kelurahan Murante, Kecamatan Mungkajang. Foto: Chaeruddin
Comment
Share
PALOPO - Pj Wali Kota Palopo, Asrul Sani menghadiri acara peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di Sungai Jodoh, Kelurahan Murante, Kecamatan Mungkajang pada Rabu (21/02/2024).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Emil Nugraha Salam menyampaikan peringatan HPSN kali ini akan difokuskan mempersiapkan readiness dalam menghadapi penyelesaian polusi plastik di Indonesia.

"Selain itu, tahun 2024 ini juga ditujukan untuk memenuhi target nasional dalam penurunan emisi gas rumah kaca dari sektor limbah dan sampah," kata Emil.

Ia menambahkan, dibutuhkan usaha bersama untuk memperkuat posisi sektor pengelolaan sampah sebagai pendorong pertumbuhan perekonomian Indonesia.

"Sebagai manifestasi prinsip pengelolaan sampah berkelanjutan yang memaduserasikan antara ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup," ujarnya.

Asrul Sani berharap masalah polusi plastik imi dapat ditangani dengan cara yang lebih produktif. "Saya mengucapkan selamat HPSN 2024, semoga Allah SWT memberkahi niat dan tujuan kita ini, dan membimbing serta memudahkan semua prosesnya," ungkapnya.

Selain itu, Asrul juga mengapresiasi Dinas Lingkungan Hidup karena mengadakan acara di tempat yang begitu indah. "Kota Palopo merupakan kota jasa, dan memiliki alam yang begitu indah. Itu salah satu program kita, bagaimana menjaga kebersihan kota ini," tuturnya.

Terkait kebersihan, jumlah produksi sampah di Kota Palopo mencapai kurang lebih 90 Ton per hari. Kalau tidak dikelola dengan baik, akan menjadi masalah.

"Oleh karena itu kita mengambil kebijakan, bagaimana cara untuk mengurangi produksi sampah, khususnya sampah plastik," jelasnya.

Asrul menambahkan, dengan melakukan pelestarian alam, hal itu bisa menjadi industri untuk mengurangi emisi karbon. "Semua industri yang menghasilkan emisi karbon, harus mengkompensasi semua yang menjadi serapan karbon, misalnya tanaman mangrove dan rumput laut," urainya.

Ke depannya, kata Asrul, pihaknya berharap bukan hanya mengurangi sampah, tetapi juga bagaimana mengkompensasi karbon hingga menghasilkan uang.

"Tidak lupa pula kita apresiasi kepada para petugas kebersihan atas dedikasi serta kerja kerasnya untuk membersihkan kota," paparnya.

Pada kesempatan ini, Asrul juga menyampaikan, akan memprogramkan setiap OPD untuk memilah sampah organik dan anorganik, sehingga memudahkan pekerjaan petugas kebersihan.

"Kita juga akan mengedukasi masyarakat atas hal tersebut. Rencana akan mengambil sampel di dua kecamatan terkait dengan program ini," tutupnya.

Acara kemudian dirangkaikan dengan penyerahan surat edaran Wali Kota Palopo tentang kesepakatan bersama antara pemerintah Kota Palopo dan pelaku usaha terkait pembatasan penggunaan plastik sekali pakai.

Dilanjutkan memberikan bantuan motor tiga roda kepada Bank Sampah Baruga Yayasan Bumi Sawerigading (YBS) Kota Palopo, untuk kendaraan operasional. Selain itu, juga diserahkan 1 unit motor sampah dan gerobak sampah kepada Camat Mungkajang.

Tidak Lupa pula kegiatan tersebut, juga dilaksanakan DLH Award dengan maksud memberikan apresiasi atau penghargaan kepada tenaga kebersihan yang memiliki pengabdian, kedisiplinan, dan loyalitas yang tinggi terhadap tugas dan tanggung jawab selama ini.

Peringatan HPSN ini mengangkat tema "Atasi Sampah Plastik dengan Cara Produktif".
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru