Lutim Pamerkan Ragam Produk Kerajinan pada Inacraft 2023 di Jakarta

Tim Sindomakassar
Rabu, 01 Mar 2023 19:07
Lutim Pamerkan Ragam Produk Kerajinan pada Inacraft 2023 di Jakarta
Beragam produk kerajinan asal Kabupaten Lutim dipamerkan pada ajang Inacraft di Jakarta Convention Center, Rabu (1/03/2023). Foto/Dok Pemkab Lutim
Comment
Share
LUWU TIMUR - Bupati Luwu Timur (Lutim), Budiman dan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda), Sufriaty Budiman, menghadiri pembukaan pameran The 23rd Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft) di Jakarta Convention Center, Rabu (1/03/2023). Event itu mengangkat tema The Authentic South Sulawesi, dengan tagline From Smart Village to Global Market.

Pada 2023 ini, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) dipercayakan sebagai ikon promosi unggulan, seni budaya, promosi wisata, dan investasi dengan berkolaborasi bersama 24 kabupaten/kota se-Sulsel dalam perhelatan Inacraft yang berlangsung mulai 1 hingga 5 Maret 2023 mendatang.



Dalam acara tersebut, Dekranasda Lutim memamerkan beberapa produk kerajinan unggulan UMKM binaan pemerintah daerah seperti anyaman Teduhu, kerajinan kayu Mahoni dan Kayu Hitam, tenun kain Bure, dan aneka rajutan berbagai motif.

Inacraft 2023 yang dibuka langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, mewakili Presiden Republik Indonesia, dihadiri oleh Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki, Sekretaris Kementerian BUMN RI Susyanto, Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, beserta Ketua Dekranasda Sulsel, Ketua DPRD Provinsi Sulsel, para Bupati/wali kota beserta Ketua Dekranasda se-Sulsel, serta visitor/tamu khusus internasional.

Dalam sambutannya, Menteri Sandiaga mengucapkan selamat atas terselenggaranya pameran Inacraft 2023 dan menyampaikan apresiasi kepada Provinsi Sulsel yang telah menjadi ikon dari pameran tersebut.

"Dengan semangat bangga buatan Indonesia, saya berharap dengan potensi sistem online kita bisa menciptakan peluang-peluang agar produk-produk kita dapat menjadi agen perubahan dalam membuka lapangan kerja," ujarnya.

Menteri Sandiaga juga menjelaskan bahwa capaian transaksi Inacraft 2023 sebelum pandemi Covid-19 mencapai Rp140 miliar pada 2019, namun pasca pandemi hanya mencapai Rp57 miliar.

"Ini memang tugas kita bersama untuk kembali ke angka sebelum pandemi Covid-19, karena ada 1.000 pelaku ekonomi kreatif dan 99 persen adalah UMKM. Sehingga melalui pameran Inacraft ini diharapkan akan mempromosikan produk-produk ekonomi kreatif agar lebih dikenal secara global," jelasnya.

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, pada kesempatan itu berharap Menparekraf maupun Menteri Koperasi dan UMKM lebih sering berkunjung ke daerahnya. Dengan begitu, juga dapat memberikan dukungan dan semangat bagi pelaku UMKM di Sulsel.

Ia mengimbuhkan kehadiran miniatur kapal Pinisi dalam area utama ajang Inacraft merupakan kebanggaan. Juga ada perwakilan tiga suku utama di tiap gerbang Bugis, Makassar dan Toraja yang menjadi kebanggaan sekaligus memacu pihaknya menjadikan provinsi ini lebih baik ke depan.



Sebagai informasi, pameran Inacraft 2023 diikuti 1.118 UKM peserta dengan mengisi 1.200 booth, yang terdiri dari 904 anggota Asephi, 214 non-anggota, dan 61 peserta binaan Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian BUMN dan Kementerian Hukum dan HAM, 35 BUMN, 255 peserta binaan Dinas/Dekranasda.

Turut hadir bersama Bupati Lutim, Sekretaris Daerah Bahri Suli, Kadis Dagkoprinum sekaligus Ketua Harian Dekranasda Lutim Senfry Oktavianus, Kadis Kominfo SP Hamris Darwis, Sekretaris Dekranasda Lutim Andi Yuniati Adnan dan sejumlah kabid dan staf dari OPD terkait sekaligus pengurus Dekranasda.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru