Taufan Pawe Tekankan Penurunan Angka Stunting di Parepare

Darwiaty Dalle
Minggu, 15 Jan 2023 17:12
Taufan Pawe Tekankan Penurunan Angka Stunting di Parepare
Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe. Foto: Istimewa
Comment
Share
PAREPARE - Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe menekankan jajarannya bergerak cepat dalam upaya menurunkan angka stunting. Hal itu dikemukakan Taufan, Minggu (15/1/2023).

Taufan mengatakan, stunting merupakan program atau isu nasional, dan Parepare harus bergerak masif menurunkan angka stunting serendah rendahnya.



"Karena jika mampu menekan angka stunting ke tingkat paling rendah, berarti Parepare ikut berkontribusi dalam isu nasional," katanya.

Menurut Taufan, negara membutuhkan biaya yang tidak sedikit dalam upaya mengendalikan angka stunting. Untuk itu, katanya, Pemkot terus bergerak mengendalikan angka stunting dibantu oleh pelibatan stakeholder terkait, organisasi dan kelompok masyarakat.

Terkait hal itu, tambah Taufan, upaya Pemkot Parepare untuk mempercepat penurunan stunting, juga diperkuat dengan Peraturan Wali Kota Parepare Nomor 45 Tahun 2022 tentang Percepatan Penurunan Stunting.

"Pemkot Parepare berkomitmen mempercepat penanganan dan penurunan stunting di Parepare. Penurunan stunting penting dilakukan sedini mungkin untuk menghindari dampak jangka panjang yang merugikan, seperti terhambatnya tumbuh kembang anak," paparnya.

Kepala Bagian (Kabag) Kesra Setdako Parepare, Wahyuni Chalik mengatakan, saat ini angka stunting di Parepare untuk tingkat Sulsel berada diangka 24 persen. Dia berharap, angka stunting di Parepare bisa menjadi zero atau nol kasus.



Salah satu upaya menekan angka stunting, jelas Wahyuni, melalui pelatihan yang melibatkan seluruh petugas stunting yang tersebar pada 22 kelurahan di empat kecamatan, termasuk pengurus TP PKK, pengurus TP PKK Remaja, serta kader pembangunan manusia yang ada di seluruh kelurahan.

"Penting diberikan edukasi dan literasi kepada orang tua, terkait yang dibutuhkan menyangkut calon bayinya nantinya," tandasnya.

(RPL)
Berita Terkait
Berita Terbaru