Pemkab Sinjai Tanam 15.000 Bibit Pohon Peringati Hari Bumi

Tim Sindomakassar
Senin, 22 Apr 2024 15:53
Pemkab Sinjai Tanam 15.000 Bibit Pohon Peringati Hari Bumi
Sekda Sinjai, Andi Jefrianto Asapa menyerahkan secara simbolis bibit pohon untuk ditanam pada Hari Bumi, Senin, (22/04/2024). Foto: Humas Pemkab Sinjai
Comment
Share
SINJAI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai, melakukan penanaman pohon serentak disejumlah titik dalam wilayah Kabupaten Sinjai, Senin (22/04/1024).

Penanaman pohon dalam rangka memperingati Hari Bumi, 22 April 2024 ini diinisiasi oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Sinjai bersama Unit Pelaksana Teknis Kesatuan Pengelola Hutan (UPTD KPH) Tangka.

Sebelumnya kegiatan ini diawali dengan sedekah pohon dan penanaman pohon secara simbolis oleh Sekda Sinjai, Andi Jefrianto Asapa bersama peewakilan Forkopimda, bertempat di kawasan perkantoran Tanassang, Islamic Center Andi Rudiyanto Asapa, Kelurahan Alehanuae, Kecamatan Sinjai Utara.

Kepala DLHK Sinjai, Sofwan Sabirin menyampaikan penanaman pohon serentak ini sebagai rangkaian peringatan Hari Bumi 2024 dengan mengangjat tema "Menanam Pohon, Selamatkan Bumi".

"Termasuk untuk membangun sinergitas seluruh komponen masyarakat yang meliputi pemerintah akademisi, daerah, aktivis lingkungan, komunitas, dunia usaha, asosiasi profesional dan bahkan individu dalam upaya pelestarian lingkungan hidup," sebutnya.

Pada peringatan Hari Bumi ini, Pemkab Sinjai tanam 15.000 pohon dengan beberapa jenis bibit diantaranya Ketapang Kencana, Pala, Durian, dan pohon hias Pucuk Merah.

Sementara itu Sekda Sinjai, Andi Jefrianto Asapa dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk kampanye udara bersih dengan menabung oksigen untuk masa depan serta memasyarakatkan budaya menanam dan memelihara pohon di wilayah Bumi Panrita Kitta.

“Peringatan Hari Bumi menunjukkan dukungan bagi perlindungan lingkungan. Sebagaimana diketahui bahwa Hari Bumi dirancang untuk meningkatkan kesadaran untuk mengantisipasi perubahan iklim global, degradasi, deforestasi hutan, lahan dan kerusakan lingkungan serta bentuk apresiasi terhadap planet Bumi yang kita tempati.” Ungkapnya mewakili Pj Bupati Sinjai, TR Fahsul Falah.

Sekda juga menyampaikan pelibatan seluruh elemen masyarakat dalam upaya pelestarian lingkungan untuk meningkatkan sinergitas Pemda dan seluruh stakeholder untuk membangun kolaborasi mewujudkan lingkungan yang hijau.

Penanaman Pohon ditandai dengan penyerahan simbolis Bibit Pohon dari Sekda Sinjai kepada Ketua KNPI dan perwakilan masyarakat Sinjai.

Peringatan Hari Bumi turut dihadiri para pejabat Lingkup Pemkab Sinjai serta diikuti masyaraka, pihak swasta, organisasi, mahasiswa, pelajar hingga relawan dan pemerhati lingkungan.
(GUS)
Berita Terkait
Pemkab Sinjai Dorong Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Pendidikan
Sulsel
Pemkab Sinjai Dorong Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Pendidikan
Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sinjai menggelar Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan Tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tahun 2024 di Gedung Pertemuan Sinjai pada Selasa (02/07)
Selasa, 02 Jul 2024 14:39
Pemkab Sinjai Gelar Pelatihan Manajemen Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan
Sulsel
Pemkab Sinjai Gelar Pelatihan Manajemen Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan
Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Sinjai menggelar pelatihan manajemen dan penanganan kasus, di Wisma Sanjaya Sinjai Utara (26/06/2024).
Rabu, 26 Jun 2024 11:30
Pj Bupati Sinjai Serahkan Ranpeda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2023
Sulsel
Pj Bupati Sinjai Serahkan Ranpeda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2023
Pemerintah Kabupaten Sinjai menyerahkan rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2023 kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Senin (24/06/2024).
Senin, 24 Jun 2024 15:24
Upacara HKN, Pj Bupati Sinjai Sebut Momentum Tingkatkan Etos Kerja
Sulsel
Upacara HKN, Pj Bupati Sinjai Sebut Momentum Tingkatkan Etos Kerja
Jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai, menggelar upacara Hari Kesadaran Nasional (HKN) di Halaman Kantor Bupati Sinjai, Rabu (19/6/2024) pagi.
Rabu, 19 Jun 2024 13:12
Kadisdik Sinjai Siap Fasilitasi Pelatihan Pengembangan Soal Ujian Semester
Sulsel
Kadisdik Sinjai Siap Fasilitasi Pelatihan Pengembangan Soal Ujian Semester
Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Sinjai, Irwan Suaib bakal memfasilitasi para guru untuk pelatihan penyusunan dan pengembangan soal berstandar nasional.
Selasa, 11 Jun 2024 13:34
Berita Terbaru