Operasi Tikus, Inovasi yang Cegah Stunting di Bungayya

Herni Amir
Rabu, 10 Jul 2024 16:30
Operasi Tikus, Inovasi yang Cegah Stunting di Bungayya
TP PKK Bungaya dan Puskesmas Bungaya melakukan pertemuan baru-baru ini. Foto: SINDO Makassar/Herni Amir
Comment
Share
GOWA - Puskesmas Kecamatan Bungaya, Kabupaten Gowa bersama TP PKK Bungayya melakukan inovasi terkait pencegahan stunting dengan menghadirkan program “Operasi Tikus” atau Operasi Tindakan Khusus Stunting.

Ketua TP PKK Kecamatan Bungaya, Basse Bolong Idris menjelaskan dalam operasi tikus ini ada beberapa kegiatan yang dilakukan, salah satunya mencegah prevalensi stunting, dengan cara memberikan edukasi pentingnya membawa balitanya ke Posyandu setiap bulan untuk memantau tumbuh kembang balita.

Selain itu, juga edukasi pemberian Asi eksklusif pada anak usia 0-6 bulan.

"Inovasi Operasi Tikus ini sudah berjalan di seluruh Posyandu yang ada di kecamatan Bungayya,"ucapnya di Kantor Desa Bontomanai, Kecamatan Bungaya, Selasa (9/7).



Selain itu, pihaknya memberikan edukasi kepada ibu balita terkait keterampilan mengolah bahan makanan tambahan yang berbasis pangan lokal yang akan diberikan kepada balitanya.

“Jadi kami juga memberikan edukasi kepada ibu-ibu balita bagaimana cara mengolah makanan tambahan untuk anaknya yang berbasis pangan lokal, karena makanan bergizi itu tidak harus mahal,” katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Mussadiyah Rauf mengatakan, inovasi menjadi salah satu hal penting dalam upaya mempercepat penurunan kasus stunting di daerah. Dengan hadirnya Inovasi Operasi Tikus di Kecamatan Bungaya diharapkan ada langkah-langkah atau pembenahan untuk mengatasi setiap permasalahan yang ada.

“Kalau kita berbicara inovasi, ini tidak terlepas dari munculnya sebuah ide atau gagasan kreatif kemudian diimplementasikan dalam rangka memberikan manfaat yang seluas-luasnya kepada masyarakat,” tambahnya.



Pada kunjungan SMEP kali ini, Mussadiyah mengunjungi sejumlah titik diantaranya Rumah Dilan, Rumah Sehat hingga Rumah Gizi.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru