Tingkat Kepuasan 68.2%, Andi Islamuddin Dinilai Layak Maju Pilkada Bone

Ahmad Muhaimin
Rabu, 24 Jul 2024 17:51
Tingkat Kepuasan 68.2%, Andi Islamuddin Dinilai Layak Maju Pilkada Bone
Lensa Indonesia Research and Consulting merilis hasil survei elektabilitas bakal calon Bupati Bone di Monoloog Hotel Makassar, Jl. DR. Ratulangi, Makassar pada Rabu (24/07/2024). Foto: Muhaimin
Comment
Share
MAKASSAR - Lensa Indonesia Research and Consulting merilis hasil survei elektabilitas bakal calon Bupati Bone di Monoloog Hotel Makassar, Jl. DR. Ratulangi, Makassar pada Rabu (24/07/2024).

Direktur Lensa Indonesia, Sugianto Pettanagara mengatakan pengambilan data survei ini dilakukan pada 1 sampai 15 Juli 2024. Kemudian pengolahan data pada 16 hingga 20 Juli 2024. Menggunakan metode stratified random sampling dengan melibatkan 800 responden.

Hasilnya, menempatkan Andi Islamuddin berada di posisi teratas dan mampu bersaing dengan seluruh kandidat di Pilkada Bone 2024. Tingkat popularitas Pj Bupati Bone ini bahkan menyentuh angka 99,1%.

"Cuman masyarakat Bone belum mengetahui kalau Pak Andi Islamuddin ini maju Pilkada di Kabupaten Bone atau tidak. Karena masyarakat Bone belum melihat langkah-langkah politik beliau, misalnya tidak mendaftar di partai," kata Anto sapaannya.



Selanjutnya ada nama Andi Rio Idris Padjalangi dengan persentase 80,4% disusul urutan ketiga Andi Asman Sulaiman 65,0%. Kemudian Yasir Machmud 59,5% serta Andi Akmal Pasludin 47,0%.

Nama Andi Promal Pawi juga masuk radar survei dengan tingkat popularitas 23,4%, juga ada nama A. Syamsiar Halid 21,0%, Andi Irwandi Natsir 17,1%, Andi Mangunsidi 16,9, Andi Passha Riandi 9,3%, Syahrir 6,8%, Andi Ikhwan Burhanuddin 6,5 %, Samanhudi 5,4%, Ahmad Zainuddin 4,5% dan terakhir capt. Haryono 0,8%.

Sedangkan untuk elektabilitas, Andi Rio menjadi yang tertinggi dengan persentase 22,8%, urutan kedua Andi Islamuddin 18,6%, Yasir Machmud 14,1%, Asman Sulaiman 12,6% dan Andi Akmal Pasludin 10,8%. Adapun nama-nama lainnya di Bawah angka 10%.

"Kami potret, hanya kelima nama ini yang bersaing di Pilkada Bone. Dari pengamatan kami, paling banyak 3 paket, dan bisa saja 2 paket. Tapi bisa juga kotak kosong, dengan konstalasi politik di Sulsel. Bisa saja dimodifikasi di Bone," ujar Anto.

Menurut Anto, Andi Islamuddin punya modal bagus bertarung di Pilkada Bone 2024. Apalagi tingkat kepuasan masyarakat cukup tinggi. Dengan persentase sangat puas 5,8%, cukup puas 62,4%, kurang puas 20,8%, tidak puas sama sekali 2,3% dan tidak tahu 8,9%.

"Jika dilihat dari kepuasan masyarakat dengan kinerja Pemda saat ini, tentu membuat Pj Bone berpeluang besar menang. Apalagi beliau punya pengalaman, infrastruktur, ya tergantung kendaraannya," bebernya.



Pengamat Politik Sulsel, Ridwan Pawallang mengungkapkan potret Pilkada Bone kali ini sangat menarik. Sebab tidak ada kandidat berstatus inkumben, apalagi mantan Wabup Bone, Ambo Dalle juga tidak maju.

"Menarik saya lihat ialah munculnya Pak Andi Ismaluddin sebagai pamong yang telah mendampingi dua bupati sebelumnya, yakni Pak Andi Muhammad Idris Galigo dan Andi Fahsar Mahdin Padjalangi. Pengalaman birokrasi ini menjadi modal bagus bagi beliau untuk memimpin Bone ke depan," ungkap Ridwan.

Menurut Ridwan, tingkat kepuasan masyarakat terhadap kepemimpinan Andi Islamuddin selama menjadi Pj Bupati Bone, juga menjadi modal besar. Dia bilang, tidak semua Pj kepala daerah bisa menerima sambutan bagus dari warganya.

Akademisi Unismuh ini mememandang, Andi Islamuddin punya kans mengendarai Gerindra yang memiliki 8 kursi DPRD Bone hasil Pileg 2024 lalu. Sebab, mantan Sekda Bone itu turut berkontribusi bagi Gerindra dengan mendudukkan anaknya, Andi Tenri Abeng Salangketo di DPRD Sulsel.

"Saya melihat Pak Pj itu mampu mengakomodir tiga poros politik. Pertama Andi Iwan lolos anggota DPR RI, Andi Amar Maruf Sulaiman juga lolos DPR RI, dan juga anaknya Andi Tenri Abeng lolos DPRD Provinsi," kuncinya.
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru