home news

Timsel KPU di Sulsel Coret 3 Calon Petahana Tersandung DKPP

Minggu, 09 April 2023 - 23:04 WIB
Timsel KPU Sulsel kabupaten/kota. Foto: IST
Tim seleksi (Timsel) KPU Sulsel 1 mengumumkan hasil seleksi tes tertulis dan psikologi calon komisioner KPU di 6 kabupaten/kota.

Wilayah kerja Timsel ini meliputi Barru, Gowa, Bone, Bulukumba, Luwu Utara (Lutra) dan Luwu Timur (Lutim). Sebanyak 20 nama calon komisioner yang diumumkan untuk masing-masing daerah.

Menariknya, Timsel KPU Sulsel 1 mencoret 3 nama petahana yang pernah tersandung kasus etik. Mereka tak meloloskan 3 calon komisioner tersebut, karena pernah menerima sanksi DKPP.

Baca Juga: Usai Tes Wawancara, 7 Komisioner KPU Sulsel Terpilih Diumumkan Setelah Lebaran

Mereka ialah dua komisioner KPU Lutra, Syabil dan Supriadi yang menerima sanksi peringatan DKPP, melalui putusan Nomor 94-PKE-DKPP/V/2019. Keduanya diadukan oleh Caleg DPR RI dari Nasdem, Muchtar Luthfi Mutty.

Kemudian komisioner KPU Barru, Masdar yang dijatuhi sanksi peringatan DKPP, melalui 3 putusan sekaligus yakni Nomor 184-DKPP-PKE/XI/2020, Nomor 192-DKPP-PKE/XII/2020 dan Nomor 194-DKPP-PKE/XII/2020. Saat itu Masdar diadukan oleh 2 Cabup Barru dan Bawaslu Barru secara bersamaan.

Ketua Timsel Sulsel 1, Prof Muhammad mengungkapkan rekam jejak calon komisioner menjadi pertimbangan. Apalagi jika pernah berkasus etik.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Topik Terkait :
pemilu 2024 kpu bawaslu timsel kpu
Berita Terkait
Berita Lainnya
berita lainnya