Timsel KPU di Sulsel Coret 3 Calon Petahana Tersandung DKPP

Ahmad Muhaimin
Minggu, 09 Apr 2023 23:04
Timsel KPU di Sulsel Coret 3 Calon Petahana Tersandung DKPP
Timsel KPU Sulsel kabupaten/kota. Foto: IST
Comment
Share
MAKASSAR - Tim seleksi (Timsel) KPU Sulsel 1 mengumumkan hasil seleksi tes tertulis dan psikologi calon komisioner KPU di 6 kabupaten/kota.

Wilayah kerja Timsel ini meliputi Barru, Gowa, Bone, Bulukumba, Luwu Utara (Lutra) dan Luwu Timur (Lutim). Sebanyak 20 nama calon komisioner yang diumumkan untuk masing-masing daerah.

Menariknya, Timsel KPU Sulsel 1 mencoret 3 nama petahana yang pernah tersandung kasus etik. Mereka tak meloloskan 3 calon komisioner tersebut, karena pernah menerima sanksi DKPP.



Mereka ialah dua komisioner KPU Lutra, Syabil dan Supriadi yang menerima sanksi peringatan DKPP, melalui putusan Nomor 94-PKE-DKPP/V/2019. Keduanya diadukan oleh Caleg DPR RI dari Nasdem, Muchtar Luthfi Mutty.

Kemudian komisioner KPU Barru, Masdar yang dijatuhi sanksi peringatan DKPP, melalui 3 putusan sekaligus yakni Nomor 184-DKPP-PKE/XI/2020, Nomor 192-DKPP-PKE/XII/2020 dan Nomor 194-DKPP-PKE/XII/2020. Saat itu Masdar diadukan oleh 2 Cabup Barru dan Bawaslu Barru secara bersamaan.

Ketua Timsel Sulsel 1, Prof Muhammad mengungkapkan rekam jejak calon komisioner menjadi pertimbangan. Apalagi jika pernah berkasus etik.



Apalagi Prof Muhammad sebelumnya pernah menjabat Ketua DKPP periode 2017—2022. "Semua info dan fakta terkait calon didalami oleh Timsel, termasuk putusan DKPP," katanya.

Tahapan selanjutnya, calon komisioner akan menjalani tes kesehatan yang dilaksanakan pada Senin (10/4) dan Rabu (12/4) April 2023 di RS TK II Pelamonia. Kemudian tes wawancara pada Minggu sampai Senin, 16-24 April 2023 di Hotel Swiss-Bel Inn Panakkukang, Makassar.

Timsel KPU Sulsel 1 dipimpin oleh Prof Muhammad. Ia didampingi oleh sekretaris Muhaemin, Adam Badwi, Irfan Yahya dan Muhamad Aljebra Aliksan Rauf.
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru