home sulsel

Bawaslu Luwu Timur Masih Temukan Data Pemilih Bermasalah

Senin, 12 Juni 2023 - 11:52 WIB
Kegiatan penanganan pelanggaran pemutakhiran daftar pemilih di Hotel Mireya Sorowako, Minggu kemarin. Foto: SINDO Makassar/Fitra Budin
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Luwu Timur masih menemukan sejumlah persoalan data pemilih Pemilu 2024 yang sudah dimutakhirkan dan disusun oleh KPU.

Persoalan itu diutarakan langsung Ketua Bawaslu Luwu Timur Rachman Atja. Kesimpulan tersebut diperoleh berdasarkan hasil pengawasan yang telah dihimpun dari Panwaslu Kecamatan.

Rachman mencontohkan, data bermasalah tersebut yaitu orang yang telah meninggal namun masih terdaftar dalam daftar pemilih.

Baca juga: Polres Luwu Timur Tetapkan 3 Tersangka Kasus Korupsi PDAM

Ditemukan juga pemilih yang secara faktual berjenis kelamin laki-laki, tapi terdaftar sebagai pemilih kelamin perempun. Selain itu terkait lokasi khusus, ditemukan pemilih yang memiliki kondisi kasus yang sama, tapi diperlakukan berbeda.

Fenomena lainnya yaitu ditemukannya pemilih yang sedang bepergian ke luar negeri tapi terdaftar pada daftar pemilih luar negeri. Sementara, berdasarkan konfirmasi keluarga, bahwa pemilih tersebut tidak menetap di luar negeri dan akan kembali ke Indonesia.

Baca juga: Kades Matompi Curhat Pembangunan Infrastruktur ke Bupati Luwu Timur
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Topik Terkait :
bawaslu luwu timur daftar pemilih sementara
Berita Terkait
Berita Lainnya
berita lainnya