Bawaslu Luwu Timur Masih Temukan Data Pemilih Bermasalah

fitra budin
Senin, 12 Jun 2023 11:52
Bawaslu Luwu Timur Masih Temukan Data Pemilih Bermasalah
Kegiatan penanganan pelanggaran pemutakhiran daftar pemilih di Hotel Mireya Sorowako, Minggu kemarin. Foto: SINDO Makassar/Fitra Budin
Comment
Share
LUWU TIMUR - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Luwu Timur masih menemukan sejumlah persoalan data pemilih Pemilu 2024 yang sudah dimutakhirkan dan disusun oleh KPU.

Persoalan itu diutarakan langsung Ketua Bawaslu Luwu Timur Rachman Atja. Kesimpulan tersebut diperoleh berdasarkan hasil pengawasan yang telah dihimpun dari Panwaslu Kecamatan.

Rachman mencontohkan, data bermasalah tersebut yaitu orang yang telah meninggal namun masih terdaftar dalam daftar pemilih.



Ditemukan juga pemilih yang secara faktual berjenis kelamin laki-laki, tapi terdaftar sebagai pemilih kelamin perempun. Selain itu terkait lokasi khusus, ditemukan pemilih yang memiliki kondisi kasus yang sama, tapi diperlakukan berbeda.

Fenomena lainnya yaitu ditemukannya pemilih yang sedang bepergian ke luar negeri tapi terdaftar pada daftar pemilih luar negeri. Sementara, berdasarkan konfirmasi keluarga, bahwa pemilih tersebut tidak menetap di luar negeri dan akan kembali ke Indonesia.



"Dari hasil pengawasan jajaran kami, proses pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih di 11 Kecamatan yang ada di Kabupaten Luwu Timur memiliki permasalahan yang sangat kompleks," ujar Rachman pada kegiatan penanganan pelanggaran pemutakhiran daftar pemilih di Hotel Mireya Sorowako, Minggu kemarin.

"Fenomena banyaknya daftar pemilih bermasalah ini merupakan fenomena yang kompleks dan lazim ditemukan pada setiap perhelatan Pemilu," tambah Rachman.

Dari semua permasalahan daftar pemilih tersebut, dia mengatakan, pihaknya telah menyampaikan saran perbaikan kepada KPU dan sudah ditindaklanjuti.



Ke depan, jelas Rachman, berharap agar penyelenggara teknis yaitu KPU lebih transparan kepada Pengawas Pemilu untuk mewujudkan data pemilih yang berkualitas.

Kegiatan ini dihadiri Anggota Bawaslu Sulsel Abdul Malik bersama Sentra Gakkumdu Sulsel dari unsur Kepolisian, Tim Sentra Gakkumdu Luwu Timur dari unsur Kepolisian dan Kejaksaan, Ketua, Anggota dan Kepala Sekretariat Bawaslu Luwu Timur serta Panwaslu Kecamatan se Kabupaten Luwu Timur.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru