Stok Hewan Ternak di Luwu Timur Tersedia Sebanyak 2.267 Ekor

fitra budin
Senin, 05 Jun 2023 16:29
Stok Hewan Ternak di Luwu Timur Tersedia Sebanyak 2.267 Ekor
Stok hewan ternak di Kabupaten Luwu Timur mencapai 2267 ekor, jelang pelaksanaan Hari Raya Idul Adha tahun ini. Foto: Istimewa
Comment
Share
LUWU TIMUR - Stok hewan ternak di Kabupaten Luwu Timur mencapai 2267 ekor, jelang pelaksanaan Hari Raya Idul Adha tahun ini.

Hal tersebut dikatakan oleh Pejabat Fungsional Medik Veteriner Pada Dinas Pertanian Luwu Timur, Sukma RS saat dihubungi Sindomakassar.com Senin (05/06/23).



"Data ini bukan jumlah ternak yang betul - betul mau dipotong tapi data ini adalah stok ternak," kata dia.

Lanjut Sukma, dari jumlah 2267 itu, tersebar di 11 Kecamatan yang ada di Lutim. Untuk di kecamatan Burau tersedia hewan ternak sebanyak 123 ekor, Wotu 366 ekor, Tomoni 432 ekor, Tomoni Timur 120 ekor, Mangkutana 398 ekor, Kalaena 200, Angkona 247 ekor, Malili 96 ekor, Wasuponda 137 ekor, Towuti 55 ekor, dan Nuha 93 ekor.

Soal kesehatan hewan ternak kurban, Sukma menjelaskan, pihaknya akan melakukan pemeriksaan saat tiga hari sebelum hari raya Idul Adha dimulai.

"Karena pada saat ternak kurban rata - rata sudah ada di sekitar tempat orang berkurban seperti masjid," jelasnya.

Selain itu, Dinas Peternakan Lutim juga rutin melakukan vaksinasi ke hewan ternak guna mencegah penularan virus yang ditakutkan menganggu kesehatan hewan ternak saat menjelang Idul Adha.



"Adapun penyakit yang pernah menyerang hewan ternak di Lutim itu Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Untuk mengantisipasi penyakit itu kita juga melakukan vaksin PMK, dan vaksin ini sudah di lakukan dua kali vaksin dan Minggu ini akan di lakukan vaksinasi PMK yang ke tiga atau booster pada ternak sapi," kata dia.

(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru