home sulsel

KPU Kabupaten/kota Masih Temukan Bacaleg Ganda di Sulsel

Selasa, 01 Agustus 2023 - 13:16 WIB
Ilustrasi Bacaleg di Pemilu 2024. Sumber: humas.polri.go.id
KPU kabupaten/kota menemukan sejumlah Bacaleg ganda dalam proses verifikasi administrasi (vermin) kedua. Baik Bacaleg yang terdaftar lebih dari satu Dapil (internal), dan ada lebih dari satu parpol (eksternal).

Komisioner KPU Makassar, Gunawan Mashar mengatakan pihaknya menemukan tiga Bacaleg ganda eksternal, dan dua ganda internal. Namun kasus ini telah diselesaikan oleh Bacaleg dan Parpol yang bersangkutan.

“Pertama Bacaleg harus membuat pernyataan dulu, Parpol mana yang ia daftar. Selanjutnya Parpol yang memberikan pernyataan bahwa Bacaleg bersangkutan benar anggotanya, dan diunggah di Silon,” kata Gunawan.

Awalnya KPU Makassar menemukan 23 kasus Bacaleg ganda saat vermin pertama. Rinciannya ialah 10 kasus diantaranya ganda internal, dan 13 kasus ganda eksternal.

Baca Juga: Bawaslu Temukan ASN Hingga Kades Maju Caaleg di Sulsel

KPU Bantaeng menemukan tiga Bacaleg ganda eksternal. Sementara ganda internal tidak ada, setelah dilakukan vermin kedua.

"Kalau ganda eksternal ada tiga, PPP-PKS dan Golkar-Demokrat, yang satunya saya lupa," kata Komisioner KPU Bantaeng, Lukman HS.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya