Kalla Lines & PT National Marine Contractor Teken MoU Pembuatan Kapal Tunda-Tongkang

Tri Yari Kurniawan
Jum'at, 17 Mar 2023 21:22
Kalla Lines & PT National Marine Contractor Teken MoU Pembuatan Kapal Tunda-Tongkang
Kalla Lines bersama PT National Marine Contractor melakukan penandatanganan kerja sama dalam pembuatan kapal tunda dan kapal tongkang di Wisma Kalla, Kota Makassar, Jumat (17/3/2023). Foto/Dok Kalla L
Comment
Share
MAKASSAR - Kalla Lines bersama PT National Marine Contractor melakukan penandatanganan kerja sama dalam pembuatan kapal tunda (tug-boat) dan kapal tongkang (barge) di Wisma Kalla, Kota Makassar, Jumat (17/3/2023).

Penandatangan kerja sama dilakukan oleh Muhammad Naim selaku Chief Operation Officer (COO) Kalla Lines dengan Supriadi, Chief Executive Officer & Naval Arch PT National Marine Contractor.



Muhammad Naim, Chief Operation Officer (COO) Kalla Lines menyampaikan dalam menangkap peluang pasar, Kalla Lines dengan strategi pengembangan bisnis logistik yang dijalankan melakukan penambahan armada. Masing-masing yakni satu unit kapal tunda dan dua unit kapal tongkang.

Menurut dia, adanya penambahan armada, menunjukkan bahwa permintaan angkutan Nikel Ore yang ditangani oleh Kalla Lines terus mengalami peningkatan. Selain melayani distribusi kendaraan, Kalla Lines melakukan diversifikasi ke pengangkutan nikel lantaran saat ini komoditas tersebut tengah menjadi primadona.

"Sekaligus mendukung misi pemerintah dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional melalui industri hilirisasi," ucap Naim, dalam keterangan persnya kepada SINDO Makassar.

Penambahan armada bekerjasama dan melibatkan PT National Marine Contractor dalam proses pembuatan kapal tunda dan kapal tongkang. Proses pembuatan kapal ditargetkan kurang lebih satu tahun pengerjaan.

Adapun anggaran yang dikeluarkan Kalla Lines dalam pembuatan kapal mencapai Rp100 miliar untuk satu unit kapal tunda dan dua unit kapal tongkang. Pembuatan kapal tongkang nantinya dibuat oleh PT National Marine Contractor memiliki kapasitas angkut muatan sekitar 10.000-10.500 ton.

Sementara untuk kapal tunda sendiri memiliki kapasitas daya mesin 2.400 tenaga kuda. Kalla Lines percaya dan optimistis akan kemampuan dan kualitas yang dimiliki PT National Marine Contractor sebab mereka ahli dan professional di bidangnya.

PT National Marine Contractor merupakan perusahaan yang bergerak dalam pembangunan kapal dan telah berdiri sejak 2016. Selama perjalanan bisnisnya, PT National Marine Contractor telah mengerjakan pembangunan kapal seperti Barge/Pontoons Dragger Barges, Fishing Vessel, dan tug boat/Harbor Tug untuk Pemerintah Indonesia dan perusahaan dalam negeri.



“Merasa bangga dan terhormat dapat berkolaborasi dengan Kalla Lines sebagaimana diketahui KALLA merupakan salah satu perusahaan ternama di wilayah Timur Indonesia," kata Supriadi, Chief Executive Officer & Naval Arch PT National Marine Contractor.

"Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dari Kalla Lines sehingga terlaksananya kerjasama ini yang menandakan bahwa PT National Marine Contractor layak dan berkualitas sebagai penyedia jasa pembuatan kapal yang dibutuhkan oleh Kalla Lines. Tentunya hal ini menjadi tantangan dan peluang tersendiri bagi PT National Marine Contractor untuk dapat memenuhi permintaan Kalla Lines sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka," pungkasnya.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru