Semarak Pertamina SMEXPO 2024 di Makassar: Fun Run hingga Pameran UMKM

Tri Yari Kurniawan
Sabtu, 14 Sep 2024 12:37
Semarak Pertamina SMEXPO 2024 di Makassar: Fun Run hingga Pameran UMKM
Sebanyak 40 UMKM ikut ambil bagian pada Pertamina SMEXPO 2024 di Monumen Mandala, Kota Makassar, pada Sabtu-Minggu (14-15/9/2024). Foto/Tri Yari Kurniawan
Comment
Share
MAKASSAR - Sebanyak 40 UMKM ikut ambil bagian pada Pertamina SMEXPO 2024 di Monumen Mandala, Kota Makassar, pada Sabtu-Minggu (14-15/9/2024). Hal itu ditandai dengan pemukulan gendang oleh Area Manager Communication Relation dan CSR PT Pertamina Patra Niaga Sulawesi, Fahrougi Andriani Sumampou, bersama tamu VIP lainnya.

Hadir dalam event akbar tersebut, antara lain yakni Manager CSR & SMEPP Management PT Pertamina Patra Niaga, Retno Wahyuningsih; Direktur Pamobvit Polda Sulsel, Kombes Pol M Iftah; Asisten Teritorial Kasdam XIV/Hasanuddin, Kolonel Kav Eko Saptono; dan Kepala Dinas ESDM Sulsel, Andi Eka Prasetya.

Pertamina SMEXPO 2024 dengan tema 'Dari Lokal Menjadi Vokal' diawali dengan fun run, lalu ada pameran UMKM di bidang kuliner, fesyen dan kriya. Juga ada talkshow, pound fit, dan aktivitas untuk anak-anak seperti lomba fashion show dan lomba mewarnai.

Tidak ketinggalan, Pertamina SMEXPO 2024 di Makassar menghadirkan hiburan seru dan menarik. Diikuti oleh penyanyi hits lokal dan nasional, antara lain yakni Stevan Pasaribu, Ashari Sitaba, JAZ, dan LDB Berkaraoke.

Semarak Pertamina SMEXPO 2024 di Makassar: Fun Run hingga Pameran UMKM

Manager CSR & SMEPP Management PT Pertamina Patra Niaga, Retno Wahyuningsih, menyampaikan rangkaian Pertamina SMEXPO 2024 digelar di beberapa kota. Makassar adalah kota keempat pelaksanaan. Adapun kota penyelenggara lain yakni Palembang, Yogyakarta, Bandung, Bandar Lampung, dan Jakarta.

"Di Makassar ini, ada 40 UMKM yang ikut serta. Ada dari fesyen, kriya, dan food & beverage (kuliner)," kata dia.

Retno mengapresiasi event Pertamina SMEXPO 2024 di Makassar. Selain karena tingginya antusiasme peserta, rangkaian dan lokasi acara pun sangat baik. Diawali fun run sejauh 5 kilometer yang ramai diikuti warga, lalu lokasi acara yang luas dan aman, serta pengisi acara yang baik.

"Kegiatan pagi ini diluar perkiraan saya. Lari pagi (fun run) banyak yang ikut, ya artinya kegiatan ini tidak hanya membawa UMKM mitra binaan untuk maju secara ekonomi, tapi juga mengajak masyarakat sehat," tuturnya.

Turut diapresiasinya para UMKM yang terlibat pada Pertamina SMEXPO 2024 di Makassar. Rata-rata dinilainya kreatif dan inovatif dengan mengangkat kearifan lokal, tapi tetap modern dan berkelanjutan. Seperti kuliner khas Bebek Palekko yang kini bisa dikemas untuk oleh-oleh. Lalu, ada songkok khas yang memakai bahan ramah lingkungan.

Lebih lanjut, Retno menjabarkan Pertamina menaruh atensi tinggi terhadap pengembangan UMKM. Tidak main-main, perusahaannya saat ini melakukan pendampingan terhadap kurang lebih 40.000 UMKM se-Indonesia. Rinciannya yakni 33.000 UMKM mitra binaan langsung dan 7.000 UMKM di Rumah BUMN.

Tidak sedikit di antaranya yang telah berhasil dan mampu go internasional. Retno menyebut beberapa UMKM yang sudah berhasil itu, telah melakukan ekspor dan melakukan pameran di luar negeri, seperti di Aljazair dan China.

Semarak Pertamina SMEXPO 2024 di Makassar: Fun Run hingga Pameran UMKM

Area Manager Communication Relation dan CSR PT Pertamina Patra Niaga Sulawesi, Fahrougi Andriani Sumampouw, menyampaikan Pertamina SMEXPO merupakan agenda tahunan Pertamina. Bahkan, kini telah memasuki tahun kelima.

"Ini merupakan wujud atensi Pertamina terhadap pembinaan UMKM, apalagi UMKM adalah penggerak perekonomian nasional," katanya.

Ia menjelaskan tema 'Dari Lokal Menjadi Vokal' sengaja diusung untuk mendukung UMKM lokal untuk berkembang. Toh, cita-cita UMKM tentunya ingin go international. Olehnya itu, Pertamina SMEXPO hadir sebagai wadah untuk menjembatani atau memfasilitasi UMKM meraih impian.

"Event ini menjadi wadah (pelaku UMKM) untuk menangkap peluang pasar, sekaligus mendorong masyarakat untuk bangga menggunakan produk lokal," ungkapnya.

Adapun tiket masuk event ini berbayar Rp25.000 dan dapat ditukarkan kembali di booth-booth UMKM di lokasi acara. Tiket bisa dibeli secara online melalui aplikasi MyPertamina atau secara offline di lokasi acara.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru