Menjajal Fitur Canggih Hyundai Creta Prime di Dalam Kota Makassar

Luqman Zainuddin
Sabtu, 20 Mei 2023 21:19
Menjajal Fitur Canggih Hyundai Creta Prime di Dalam Kota Makassar
Unit Creta Prime yang digunakan saat test drive, Sabtu (20/5/2023). Foto: SINDO Makassar/Luqman Zainuddin
Comment
Share
MAKASSAR - Hyundai Indonesia mengajak jurnalis di Kota Makassar menjajal Creta Prime, Sabtu (20/5/2023) siang. Creta Prime merupakan varian teratas di kelasnya, dengan fitur canggih dan visual paling lengkap.

Test drive dimulai dari Hyundai Urip Sumoharjo menuju Jalan Gunung Bawakaraeng, lurus hingga Jalan RA Kartini. Mobil lalu berbelok ke Kajaolalido tembus Bontolempangan. Kemudian berbelok ke arah Arief Rate, H Bau dan menuju Metro Tanjung Bunga. Perjalanan berakhir di Masjid Kubah 99.

Sepanjang jalan, Sales Consultant Hyundai Richard, menjelaskan berbagai fitur canggih yang ada pada Creta Prime. Fitur itu juga langsung diuji saat kendaraan menyusuri rute test drive.

Fitur pertama adalah drive mode atau mode mengemudi. Fitur ini membuat mobil menyesuaikan gaya dan kondisi mengemudi. Terdapat tiga pilihan mode mengemudi, yakni eco, sport, dan smart.

Baca juga: Chery Makassar Serahkan 5 Unit Perdana Omoda 5 ke Konsumen

Mode eco membuat respons gas lebih halus dan putaran mesin dijaga serendah mungkin, sehingga hemat bahan bakar. Sport lebih agresif. Cocok digunakan untuk menyalip karena gas lebih responsif. Sementara mode smart membuat mobil menjadi adaptif, tergantung cara mengemudi.

Fitur selanjutnya Lane Keeping Assist (LKA). Sederhananya, LKA membantu pengemudi berkendara tetap di jalurnya. Makanya, saat diaktifkan setir bisa bergerak sendiri, mengarahkan mobil kembali ke jalurnya jika melenceng.

Lalu ada Forward Collision-Avoidance Assist. Fitur ini merupakan sistem yang dirancang untuk mencegah atau mengurangi efek tabrakan ke depan pada mobil. Fitur ini menggunakan teknologi radar dan sensor kamera yang membantu mencegah kecelakaan.

"Secara otomatis, fitur ini mengurangi kecepatan mobil dan memperingati pengemudi akan potensi tabrakan di jalan yang bisa membahayakan penumpang di dalamnya. Saat terlalu dekat, mobil akan mengerem secara otomatis," ucap Richard.



Richard lalu menunjukkan bagaimana sistem ini bekerja. Ia menginjak pedal gas hingga jarum speedometer menunjuk angka 40. Saat mendekati mobil di depan, mobil memberikan peringatan. Lalu tanpa dikomando, mobil mengerem otomatis, membuat ban mobil berdecit.

"Tapi fitur ini biasanya hanya aktif saat mobil berada dalam kecepatan tertentu. Jika terlalu lambat, sistem tidak akan bekerja," kata Richard.

Lalu ada Blind Spot Collision Avoidance Assist. Fitur ini berfungsi seperti sepasang mata untuk mengatasi keterbatasan penglihatan pengemudi terhadap bagian belakang kendaraan. Fitur ini memberikan peringatan kepada pengemudi jika ada sesuatu tidak jelas dengan menampilkan video real time.

Creta Prime juga memiliki fitur bluelink yang menghubungkan pemilik dengan kendaraan lewat aplikasi. Ia membuat pemilik memiliki kendali penuh atas kendaraan.



Kendaraan ini juga dilengkapi SOS Button. Fitur ini merupakan tombol yang ada di bagian plafon kabin dekat pengemudi. Tombol tersebut sudah otomatis terhubung langsung ke call center emergency Hyundai.

"Tombol SOS ini berguna jika terjadi kecelakaan yang membutuhkan pertolongan segera. Sehingga, tak perlu repot mencari hape saat mencari bantuan," pungkas Richard.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru