MG4 EV, Mobil Listrik Futuristik Ukir Sejarah pada Ajang PEVS 2023

Tri Yari Kurniawan
Sabtu, 20 Mei 2023 15:17
MG4 EV, Mobil Listrik Futuristik Ukir Sejarah pada Ajang PEVS 2023
MG4 EV mengukir sejarah. Mobil global elektrik pertama MG yang dijuluki Global Pure Electric SuperPower Crossover itu berhasil mencetak rekor MURI pada ajang PEVS 2023. Foto/Dok MG
Comment
Share
JAKARTA - Morris Garage (MG), brand otomotif asal Inggris yang juga pemimpin global kendaraan listrik (EV) tampil memukau pada Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023. Berlangsung di Kemayoran, Jakarta Pusat pada 17-21 Mei, mobil listrik futuristik MG4 EV sukses mencuri perhatian.

MG4 EV bahkan mengukir sejarah. Mobil global elektrik pertama MG yang dijuluki 'Global Pure Electric SuperPower Crossover' itu berhasil mencetak rekor MURI. Itu kali pertama mobil listrik dipakai sebagai sumber daya listrik utama dalam sebuah pertunjukan musik di Indonesia. Dan, hasilnya pun spektakuler.

Lewat ajang PEVS, MG tidak sebatas unjuk gigi soal keandalan dan kecanggihan produknya. Lebih dari itu, produsen otomotif ini menunjukkan komitmen dukungan percepatan pengembangan mobil listrik di tanah air. MG yang masih mengusung tema 'EVOlution Forward' terus berupaya mendukung tumbuh dan berkembangnya ekosistem mobil yang ramah lingkungan.



MG4 EV berhasil membuka mata, paling tidak bagi pengunjung PEVS perihal keunggulan mobil yang menggunakan sumber daya energi yang lebih ramah lingkungan. MG4 EV mampu menghasilkan daya listrik yang cukup untuk menyediakan kebutuhan listrik pada pertunjukan musik di panggung utama booth MG selama perhelatan pameran otomotif.

"Kami juga senang bisa menjadi bagian dari ajang PEVS 2023 dan memecahkan rekor MURI sebagai produsen mobil pertama yang menggunakan mobil listrik sebagai sumber daya listrik utama dalam sebuah pertunjukan musik di Indonesia," kata Marketing and PR Director MG Motor Indonesia, Arief Syarifudin, dalam keterangan persnya.

Kemampuan MG4 EV menopang kebutuhan listrik panggung utama pertunjukan musik itu berkat teknologi terbaru yakni fitur V2L atau Vehicle-to-Load. Teknologi itu memungkinkan pengguna mengisi daya pada perangkat listrik seperti laptop, smartphone bahkan alat instrumen musik dari mobil listrik. Istimewanya lagi, pengisian daya tak perlu adaptor atau mencari colokan listrik.

"Kami sangat bangga bisa menjadi salah satu pionir dalam menciptakan ekosistem mobil listrik di Indonesia dan juga memperlihatkan teknologi canggih pada MG4 EV kepada masyarakat Indonesia. Kami berharap dengan kehadiran MG4 EV di Indonesia, kami bisa membantu mempercepat penggunaan mobil listrik di Indonesia dan memperlihatkan bahwa teknologi mobil listrik sudah matang dan siap digunakan," paparnya.

Kehadiran MG4 EV tentunya menjadi alternatif bagi masyarakat Indonesia dalam memilih kendaraan ramah lingkungan dan hemat energi. Terlebih dengan adanya teknologi V2L yang semakin memanjakan penggunanya, dimana kini bisa mendapatkan sumber daya listrik untuk kebutuhan selama perjalanan.

Mobil Listrik Paling Ditunggu
MG4 EV, Mobil Listrik Futuristik Ukir Sejarah pada Ajang PEVS 2023

MG4 EV ibarat magnet yang senantiasa menjadi pusat perhatian. Bukan hanya pada ajang PEVS 2023, tapi bahkan dalam kehidupan sehari-hari, dimana mobil listrik ini selalu diperbincangkan dan paling ditunggu kehadirannya. Ribuan mobil ini bahkan sudah dipesan sejak tiga bulan lalu.

"Konsumen kami di seluruh Indonesia sudah menunggu kehadiran MG4 EV di pasaran. Ini terlihat dari pemesanan sebesar 1.200 unit MG4 EV semenjak kami luncurkan pada Februari 2023," kata Country Director MG Motor Indonesia, Donny Septianto Kurniawan.

Menurut Donny, MG terus berupaya membangun ekosistem kendaraan listrik yang komprehensif di Indonesia. Semuanya demi memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus berkembang. MG juga terus mempersiapkan infrastruktur yang diperlukan untuk mendukung penggunaan mobil listrik di Indonesia.



Saat ini, MG menggandeng berbagai pihak juga mempersiapkan pembangunan jaringan stasiun pengisian listrik di semua dealer MG di tanah air. "Dengan begitu, dapat lebih mudah diakses oleh para pengguna mobil listrik di berbagai kota di Indonesia," kata Donny sembari menegaskan dukungan menghadirkan ekosistem hijau lewat mobil listrik.

Secara keseluruhan, beragam rbagai model kendaraan listrik MG, termasuk MG ZS EV, MG Marvel R Electric, MG5 EV, dan MG 4EV telah mendapatkan pengakuan luas secara global. Semua itu berkat performa, efisiensi, fitur inovatif serta desain terkini dan futuristik yang berhasil mencuri perhatian seluruh konsumen di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Model-model ini telah memberikan kontribusi pada kehadiran global MG di lebih dari 84 negara, dengan lebih dari 300.000 kendaraan listrik terjual di seluruh dunia.

Pionir Ekosistem Mobil Listrik
MG4 EV, Mobil Listrik Futuristik Ukir Sejarah pada Ajang PEVS 2023

Selaras dengan tema 'EVOlution Forward', MG senantiasa melakukan inovasi dan siap menjadi bagian dari revolusi kendaraan listrik. Bukan hanya di Indonesia, tapi juga di kancah global. Untuk mendukung percepatan transformasi itu, berbagai upaya telah dilakukan. Mulai dari edukasi hingga mendorong penyiapan infrastruktur untuk mendukung ekosistem mobil listrik.

“MG sangat antusias menjadi bagian dari revolusi kendaraan listrik dan berkontribusi pada upaya global dalam menciptakan masa depan yang lebih berkelanjutan. MG selalu berkomitmen untuk menyediakan kendaraan listrik yang inovatif, berkualitas tinggi, dan terjangkau kepada pelanggan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, sambil mendoborak transisi ke sistem transportasi yang lebih bersih dan efisien," ucapnya.

Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) mendukung dan mengapresiasi langkah progresif dari MG. Terlebih, hal itu selaras dengan kebijakan pemerintah yang tertuang dalam Perpres Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Penggunaan Kendaraan Berbasis Listrik.



"Ya memang penggunaan kendaraan listrik adalah suatu keniscayaan. Cepat atau lambat kita harus ke sana, suka atau tidak tapi inilah arah yang harus kita capai," ungkap dia, saat menjadi salah satu pembicara utama pada Seminar dan Talkshow PEVS 2023.

Menurut dia, begitu banyak manfaat yang bisa diraih dengan pengoperasian kendaraan listrik. Bukan hanya perkara efisiensi dan efektivitas, tapi paling penting adalah mendukung kemajuan teknologi umat manusia. Selain itu, kendaraan listrik menggunakan energi bersih yang tentunya lebih ramah lingkungan.

"Paling penting ini untuk kemajuan umat manusia, termasuk masa depan melalui energi bersih, yang orang bilang green energy. Ini juga menjadi komitmen Indonesia pd dunia global untuk mencapai zero emission," pungkasnya.

Fitur Canggih dan Futuristik
MG4 EV, Mobil Listrik Futuristik Ukir Sejarah pada Ajang PEVS 2023

MG4 EV hadir di tanah air sebagai model crossover pertama MG berbasis tenaga penggerak 100 persen listrik. Kendaraan ini dibangun pada platform yang dikhususkan untuk seri elektrik MG selanjutnya di masa depan. Desain eksteriornya pun sudah terlihat sangat futuristik dengan lekukan serta sudut-sudut yang begitu berani dan sangat memikat mata seluruh pengunjung PEVS 2023.

Keberadaan teknologi terbaru V2L membuat pengguna MG4 EV dapat merasakan manfaat dari mobil listrik yang lebih dari sekadar kendaraan. MG4 EV juga dapat menjadi sumber daya listrik yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Fitur V2L adalah teknologi canggih yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan daya baterai dari kendaraan listrik untuk memberikan daya ke peralatan listrik dengan cukup mencolok ke adapter yang tersedia di bagian bagasi MG4 EV. Dengan kemampuan daya hingga 2.2 kilowatt (kW), para pengguna dapat menggunakan berbagai peralatan listrik yang mereka butuhkan, dimana saja mereka berada.

Ditambah lagi desain futuristik dan stylish pada MG 4 EV juga membuat mobil ini menjadi salah satu yang paling menarik di kelasnya. Dari bagian depan, mobil ini dilengkapi dengan lampu LED yang tajam dan grill berbentuk honeycomb yang memberikan kesan modern dan agresif. Sementara itu, bagian samping mobil ditandai dengan garis-garis yang tegas dan roda alloy yang sporty.



Dilengkapi dengan fitur-fitur canggih yang memberikan kemudahan berkendara kepada penggunanya, memiliki performa kendaraan yang luar biasa, dan juga aman dan ramah lingkungan. Semua ini dapat dicapai berkat teknologi-teknologi canggih yang digunakan seperti teknologi baterai Rubik’s Cube yang memungkinkan MG4 EV memiliki jarak tempuh yang luar biasa hingga lebih dari 425 KM dalam satu kali pengisian daya baterai.

MG4 EV juga menawarkan performa yang tinggi dengan akselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 7,7 detik dan kecepatan maksimal 140 km/jam. Selain itu, MG4 EV juga dilengkapi dengan fitur-fitur keselamatan yang lengkap seperti Electronic Stability Program (ESP), Anti-lock Braking System (ABS), Brake Assist System (BAS), dan Dual Front Airbags, Adaptive Cruise Control, Traffic Jam Assist, Blind Spot Detection, Lane Change Assist, yang sudah memenuhi standar keselamatan berkelas dunia dan bahkan meraih rating bintang 5 untuk uji keselamatan EURO NCAP.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru