Pelindo Group Gelar Aksi Bersih Pantai Paotere Makassar

Tim Sindomakassar
Minggu, 11 Jun 2023 18:33
Pelindo Group Gelar Aksi Bersih Pantai Paotere Makassar
Pelindo Group dan masyarakat sekitar Pelabuhan Paotere melakukan kegiatan Bersih Pantai Paotere Makassar pada Sabtu (10/6/2023). Foto/Dok Pelindo
Comment
Share
MAKASSAR - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 bersama Pelindo Regional 4 Makassar, Subholding PT Pelindo Jasa Maritim (SPJM), dan masyarakat sekitar Pelabuhan Paotere melakukan kegiatan Bersih Pantai Paotere Makassar pada Sabtu (10/6/2023).

Aksi bersih pantai ini menjadi bagian dari partisipasi PT Pelabuhan Indonesia (Persero) dalam Gerakan Indonesia Coastal Clean Up (ICCU) yang diinisiasi oleh Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutanan (KLHK) dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada 5 Juni 2023 lalu.



Kegiatan bersih pantai ini dilakukan sepanjang Pantai Paotere Makassar dan diikuti oleh beberapa pejabat Pelindo Regional 4, Pelindo Regional 4 Makassar, SPJM, serta warga masyarakat di sekitar Paotere.

Kegiatan difokuskan untuk membersihkan plastik yang bertebaran di area Pelabuhan Paotere, terutama sampah plastik ukuran kecil yang rawan masuk ke laut, baik terbawa angin maupun ketika air pasang. Tak hanya sisi darat, namun sisi laut juga tak luput dibersihkan dari sampah-sampah plastik yang mengapung di atas air.

Sejalan dengan tema tahun ini yaitu 'Solusi untuk Polusi Plastik', aksi bersih pantai ini berhasil mengangkat sebanyak total 1.696,23 kg sampah. Di mana 90% merupakan plastik bekas minuman kemasan botol dan gelas, serta pembungkus makanan seperti mie instan dan lain-lain, selebihnya adalah ranting kayu kering.

Regional Head 4 Pelindo, Enriany Muis, mengatakan bahwa aksi bersih Pantai Paotere menjadi bentuk komitmen dan dukungan Pelindo Group dalam melindungi kelestarian ekosistem pesisir Indonesia. “Hal ini sekaligus mengedukasi kesadaran masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan pesisir pantai dari sampah,” ujarnya.

Sekretaris Perusahaan SPJM, Tubagus Patrick Tribudi Utama Iskandar, mengatakan kegiatan ini sebagai wujud Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dalam menjaga lingkungan sekitar, antara lain menjaga wilayah maritim dari sampah plastik yang dapat mengancam habitat laut.



“Aksi ini merupakan kolaborasi inter Pelindo dan masyarakat, dengan tujuan untuk melibatkan karyawan secara aktif dalam kegiatan sosial yang dilakukan oleh perusahaan, di mana karyawan turun langsung dan diharapkan dapat berkontribusi nyata dalam menjaga pesisir,” tuturnya.

Diharapkan aksi bersih Pantai Paotere yang juga dilakukan bersama warga sekitar Pelabuhan Paotere ini, menyadarkan kepada semua pihak bahwa pentingnya kebersihan lingkungan.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru