Penjualan Motor Yamaha di Toraja Tumbuh Positif, Moped Masih Jadi Pilihan

Luqman Zainuddin
Minggu, 27 Agu 2023 21:32
Penjualan Motor Yamaha di Toraja Tumbuh Positif, Moped Masih Jadi Pilihan
Kegiatan Navigate to The Max jadi upaya Yamaha dan PT SJAM memperkenalkan Xmax Connected ke masyarakat Toraja. Foto: Istimewa
Comment
Share
TORAJA - Penjualan motor Yamaha di Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara tumbuh positif. Tiap bulannya, ada sekitar 500-an unit yang terjual pada dua kabupaten tersebut.

"Produk Yamaha cukup digandrungi di sini. Beberapa bulan terakhir kita menjadi market leader," beber Area Marketing PT Suracojaya Abadimotor (SJAM) Muh Roem Syahrir, Minggu (27/8/2023).

Roem merinci, penjualan unit motor rata-rata di Kabupaten Tana Toraja mencapai 300-an unit tiap bulannya. Selebihnya berada di Kabupaten Toraja Utara.

Dari 500-an unit itu, paling digandrungi adalah kategori matic low price model, seperti Mio dan Gear. Ia berada pada peringkat pertama penjualan motor Yamaha di dua daerah ini.



Peringkat kedua penjualan motor Yamaha paling besar adalah tipe motor pedal atau moped. Ini dipengaruhi kondisi geografis Toraja dan Toraja Utara yang berbukit dan pegunungan.

"Sekitar 30 persen dari 500-an unit itu moped. Matic low sekitar 35 sampai 45 persen," sambung Roem.

Moped yang paling banyak terjual masih didominasi Jupiter Z, menyusul Vega Force, dan MX king.

Sementara untuk tipe Maxi, belum begitu banyak memberikan kontribusi terhadap penjualan Yamaha. Hanya saja, motor jenis ini tetap memiliki peminat, khususnya di Toraja Utara, untuk unit Nmax.



Guna mengerek jumlah penjualan kata Roem, kegiatan promosi yang disiapkan main dealer terus dilakukan. Promo seperti DP ringan mulai Rp600 ribuan, potongan angsuran hingga 5 kali adalah beberapa di antaranya.

Kegiatan promosi lainnya juga dilakukan, seperti touring menggunakan unit Yamaha. Salah satunya lewat kegiatan Navigate to The Max tur Makassar-Toraja, 25 hingga 27 Agustus, menggunakan Xmax Connected.

"Xmax belum ada di sini. Makanya kita bawa ke sini supaya masyarakat Toraja tahu ada motor kita yang seperti ini," pungkas Roem.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru