Ratusan Bajaj Mengaspal di Makassar, Bisa Diorder via Aplikasi Maxride

Tim Sindomakassar
Rabu, 31 Jan 2024 17:54
Ratusan Bajaj Mengaspal di Makassar, Bisa Diorder via Aplikasi Maxride
Bajaj Auto, produsen kendaraan roda tiga terbesar secara resmi kini hadir di Kota Makassar, setelah sebelumnya mengaspal di Jakarta. Foto/Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Bajaj Auto, produsen kendaraan roda tiga terbesar secara resmi kini hadir di Kota Makassar, setelah sebelumnya mengaspal di Jakarta. Kehadiran Bajaj Auto di Indonesia menggenapkan 70 negara pemasaran dengan tujuan memenuhi kebutuhan angkutan yang aman dan efisien.

Head of Ride Hailing Indonesia, Ahmad Hidayat, menyampaikan kendaraan roda tiga Bajaj dengan tipe RE 4S sudah sekitar 200-an yang mengaspal di Makassar. Moda transportasi ini dapat dipesan via aplikasi Maxride, yang diklaim pertama di Kota Daeng.

"Saat ini kurang lebih 200 (armada) di Makassar dan masih akan terus bertambah. Kami target Februari 2024 sudah capai 300," kata Ahmad, saat media gathering di salah satu kafe di Makassar, belum lama ini.

Khusus untuk pengunduh aplikasi Maxride pun terus meningkat. Sejak Oktober 2023 hingga saat ini, total sudah ada 38 ribu pengunduh, yang diklaim semuanya merupakan warga Makassar dan sekitarnya. Melihat tren, pihaknya optimistis pengunduh sekaligus pengguna jasa Maxride akan meningkat signifikan.

Kehadiran Bajaj via aplikasi Maxride, ia mengimbuhkan membawa dampak positif bagi banyak pihak. Dari sisi publik, moda transportasi ini menjadi alternatif bagi masyarakat. Toh, moda transportasi ini terbilang nyaman, aman, ramah lingkungan, dan lebih terjangkau.

Adapun dari sisi mitra, diklaimnya mendapatkan benefit yang baik. Mereka diklaimnya dapat meraup pendapatan lebih dari UMR. Olehnya itu, kehadiran Bajaj via aplikasi Maxride diyakini akan mampu membawa efek ekonomi, khususnya peningkatan pendapatan mitra.

"Saya sudah cek, pendapatan mitra berkisar Rp300-400 ribu per hari. Ya, dikurangi rental, bensin dan lain-lain bisa membawa pulang bersih Rp200 ribuan," ungkap Ahmad.

Ashish Ray selaku Board Representative Bajaj Maxride menambahkan pihaknya hadir di Makassar guna menjawab kebutuhan akan angkutan berkapasitas luas, hemat dan bebas emisi. Pihaknya ingin membangun ekosistem transportasi yang lebih baik, sekaligus membuka peluang bisnis dan penghasilan bagi masyarakat di Makassar maupun Sulsel.

"Misi Bajaj datang ke Indonesia untuk memfasilitasi terwujudnya transportasi yang aman dan rendah emisi. Kami datang bukan sekadar jualan tapi juga memberi manfaat kepada banyak orang," tuturnya.

Adapun Makassar dipilih Bajaj via aplikasi Maxride karena merupakan kota terbesar ke empat di Indonesia dengan penduduk yang sangat terbuka untuk hal baru. Setiap hari request untuk unit Bajaj bertambah dengan harga rental sepekan sebesar Rp454 ribu. Harga rental ini sudah termasuk maintenance dan oli, kecuali untuk kecelakaan.

Bukan hanya Makassar, ada request agar Bajaj Maxride mengaspal di Bone, Bulukumba, Toli-Toli karena besarnya peluang usaha di sana.

Kantongi Izin
Ratusan Bajaj Mengaspal di Makassar, Bisa Diorder via Aplikasi Maxride

Sebagai syarat utama operasional tentunya Bajaj telah melengkapi berbagai perizinan untuk bisa beroperasinya sebuah unit kendaraan di jalan raya yaitu antara lain Sertifikat Uji Tipe, Sertifikat Registrasi Uji Tipe dari Kementerian Perhubungan, Rekomendasi dari Korlantas dan Nilai Jual Kendaraan Bermotor dari Kementerian Dalam Negeri dan Perizinan dari Kementerian Perindustrian yang berkaitan dengan Perakitan dan Pabrik Produksi Bajaj di Citeureup Bogor, Jawa Barat.

Pada tahap sosialisasi dan uji coba di Makassar, Bajaj juga mengundang instansi terkait diantaranya Dinas Perhubungan Kota, Dinas Perhubungan Provinsi, Satlantas Polres dan Satlantas Polda juga melibatkan ORGANDA dalam sosialisasi untuk terus mendapatkan masukan dan melaksanakan regulasi yang sudah disediakan pemerintah untuk berjalannya sebuah usaha distribusi Bajaj dan transportasi Online.

Pada tahap selanjutnya Bajaj menggandeng talenta lokal untuk mengoptimalkan pendapatan pengguna Bajaj dengan membangun aplikasi transportasi berbasis pemesanan online yaitu Maxride, bisnis Maxride dikembangkan dan didaftarkan di Makassar dengan izin platform Digital, Jasa Sistem Komunikasi Data, Aktivitas pengembangan aplikasi E-commerce, dan izin lainnya agar dapat beroperasi dengan baik.

Saat ini sudah ratusan mitra telah bergabung dari berbagai latar belakang, baik mitra yang sebelumnya tidak mempunyai pekerjaan maupun mitra dengan pekerjaan sebelumnya yang antara lain pengemudi bentor, buruh harian, pengemudi online, dan pekerja lepas lainnya.

Dengan bergabung di Maxride paramitra mendapatkan dukungan akses moda transportasi Bajaj dengan skema sewa mingguan, sarana pendukung pemesanan berbasis online, dan tentunya akses terhadap kesempatan mendapatkan pendapatan setiap harinya. Berdasarkan data pendapatan yang disampaikan oleh mitra saat ini, Maxride telah berkontribusi penting dalam meningkatkan pendapatan mereka dibanding pekerjaan sebelumnya.

Bajaj RE 4S diketahui didesain rendah emisi, rendah perawatan, dan ramah lingkungan karena menggunakan teknologi DTSi dengan pembakaran lebih baik, rendah polusi, dan mampu menghemat bahan bakar hingga 40%. Dari sisi pengguna, layanan ini juga sangat diminati dengan pertumbuhan yang signifikan dengan jumlah lebih 35.000 downloader setelah 3 bulan berjalan, ribuan order per harinya, dan banyak diminati dan diunggah di sosial media oleh pengguna.

Ibu Lim salah satu pengguna mengatakan bahwa Bajaj RE nyaman untuk digunakan karena memuat hingga 3 penumpang, dan harga yang terjangkau dibanding transportasi lainnya apalagi disaat musim hujan seperti ini. "Tapi mungkin armadanya perlu diperbanyak agar waktu tunggu lebih singkat," ujarnya.

Bajaj merupakan layanan transportasi Tiga Roda yang Aman, Nyaman karena bisa memuat lebih banyak, dan terjangkau karena hanya berbeda jauh dari moda transportasi roda dua. Ke depan sangat diharapkan Bajaj dan Maxride bisa terus berkontribusi untuk meningkatkan akses pendapatan untuk Mitra serta terus memberikan layanan yang Aman, kendaraan yang Nyaman dan Luas, dan kemudahan pemesanan.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru