Informasi Berlangganan Koran SINDO Makassar

Sukses Gelar Kejuaraan THE MOX, BWP Miliki Potensi Besar Jadi Destinasi Wisata Offroad

Tim Sindomakassar
Rabu, 27 Des 2023 20:49
Sukses Gelar Kejuaraan THE MOX, BWP Miliki Potensi Besar Jadi Destinasi Wisata Offroad
Salah satu mobil peserta Kejurda IOF bertajuk The Mayor Offroad Extreme (THE MOX) di kawasan BWP, tepatnya Sirkuit Bukit Baruga Antang pada 26-27 Desember lalu. Foto/Istimewa
Comments
MAKASSAR - Bugis Waterpark Adventure (BWP) di bawah naungan Kalla Land & Property selama ini dikenal sebagai destinasi wisata air unggulan di Kota Makassar. Namun, ke depannya berpotensi menjadi destinasi wisata offroad.

Potensi itu terlihat dari kesuksesan pelaksanaan kejuaraan daerah (kejurda) Indonesian Offroader Federation (IOF) Sulsel bertajuk The Mayor Offroad Extreme (THE MOX) di kawasan BWP, tepatnya Sirkuit Bukit Baruga Antang pada 26-27 Desember lalu. Puluhan offroad ikut meramaikan event tersebut.

Di lahan seluas 7 hektare itu, Kalla Land & Property yang menaungi BWP maupun Bukit Baruga berencana membangun kawasan offroad terpadu. Tidak hanya lintasan untuk balap mobil offroad, tapi juga motor trail, remote controlled, dan ATV.

Sales Residential Senior Manager Kalla Land, Iwan Richardo Nainggolan, menyampaikan sirkuit offroad yang terletak di kawasan BWP memang sangat potensial untuk menjadi destinasi wisata offroad. Bahkan, cocok dan layak menjadi arena offroad tingkat nasional. Pihaknya pun sudah merancang program untuk mewujudkan hal tersebut pada tahun mendatang.

"Ya arena ini memang sangat berpotensi, dapat menjadi tempat latihan maupun berkompetisi. Apalagi kan memang cukup luas," ungkap Olan-sapaan akrabnya, di sela event THE MOX di Sirkuit Bukit Baruga Antang, Rabu (27/12/2023).

Menurut Olan, pihaknya berencana membuat arena offroad yang tidak hanya bisa diakses untuk komunitas maupun IOF. Arena itu dapat diakses umum. Cukup membayar biaya pemeliharaan yang nantinya akan ditetapkan. Dalam arena itu, bakal ada zonasi bergantung pilihan masyarakat, mulai dari lintasan balap offroad, motor trail, remote controlled hingga ATV.

Ketua IOF Pengda Sulsel, Adi Rasyid Ali, ikut memuji arena balap offroad di kawasan BWP. Diakuinya lintasan yang ada cukup menantang. Kejurda ini sendiri merupakan seri kedua, dimana seri pertama diselenggarakan di Kawasan Tanjung Bunga.

"Bugis Waterpark Adventure ini dikenal sebagai destinasi wisata air, selama ini orang datang untuk berenang. Nah, ke depannya bisa menjadi wisata offroad. Jadi, ibu-ibunya pergi mandi, bapak-bapaknya bisa nonton (kejuaraan offroad)," ujar ARA-sapaan akrabnya.

Dalam kejuaraan ini, ARA menyebut ada 25 offroader potensial asal Sulsel yang ikut berkompetisi. Mereka memperebutkan total hadiah Rp75 juta. Diklaimnya terbesar untuk kejurda se-Indonesia.

Sementara itu, ketua panitia THE MOX, Junaidi, menyampaikan tidak ada kendala berarti dalam persiapan maupun penyelenggaraan kegiatan. Sejumlah offroader disebutnya ada yang mengalami kerusakan mobil, tapi cepat diatasi karena memang sudah mempersiapkan mekanik.

Ia juga memuji arena lintasan offroad di sirkuit yang berada di kawasan BWP. Tidak kalah dari para offroader, para pengunjung diakuinya cukup antusias menyaksikan kompetisi balap mobil offroad yang memang cukup menegangkan.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru
Comments