Mengenal SheHacks, Program Pemberdayaan Perempuan dari Indosat

Tim Sindomakassar
Sabtu, 30 Mar 2024 13:47
Mengenal SheHacks, Program Pemberdayaan Perempuan dari Indosat
Indosat Ooredoo Hutchison atau Indosat memiliki begitu banyak program pemberdayaan masyarakat. Salah satunya ialah SheHacks yang berfokus pada perempuan. Foto/Dok Indosat
Comment
Share
JAKARTA - Indosat Ooredoo Hutchison atau Indosat memiliki begitu banyak program pemberdayaan masyarakat. Salah satunya ialah SheHacks yang berfokus pada perempuan.

Dikutip dari laman resmi Indosat, SheHacks adalah program pemberdayaan perempuan berkelanjutan. Bertujuan mengatasi kesenjangan gender dalam ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan lingkungan dengan memanfaatkan teknologi.

Indosat mempercayai ketika perempuan memahami teknologi, ini bukan hanya tentang mendorong kesetaraan gender, tetapi juga mengembangkan komunitas di masa mendatang.

Dari peluang yang besar ini, Indosat sebagai perusahaan telekomunikasi paling dipilih masyarakat Indonesia melalui kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) untuk pilar Community Development, menyelenggarakan program SheHacks.

SheHacks menjadi program unggulan dengan serangkaian sesi mentoring, inkubasi, dan pendampingan. Melalui SheHacks, akses digital bagi perempuan diupayakan secara kolaboratif untuk dampak yang lebih besar dengan memberdayakan keahlian mereka.

SheHacks yang terselenggara sejak 2020 hingga kini, telah bekerja sama dengan banyak pihak. Berbagai program pelatihan seperti webinar dilakukan bersama para tokoh berpengaruh.

Dalam perhelatan perdananya, SheHacks berhasil diikuti oleh 1.548 peserta dengan telah menerima lebih dari 1.300 proposal dan berhasil memberdayakan lebih dari 8.600 perempuan di bidang teknologi.

SheHacks 2021 diikuti oleh 1453 partisipan dengan 477 startup dan melibatkan lebih dari 35 tokoh sebagai juri dan mentor. Jangkauan SheHacks juga menjadi lebih luas karena 23% dari total peserta berasal dari luar pulau Jawa. Sebanyak 12 sesi webinar digelar dan telah ditonton hampir 12 ribu kali, naik hampir 4x dibandingkan 2020 sebelumnya.

Selain itu, SheHacks 2021 berhasil menyelenggarakan program 'Shop-for-a-Cause' yang berkolaborasi bersama Rubylicious dan Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks (KICKS). Keuntungan 10% dari situ didonasikan untuk mendukung pasien kanker serviks yang menginap di Rumah Singgah Cancer Information and Support Center (CISC).

Berlanjut pada 2022, SheHacks mengusung tema ‘Perempuan Hebat, Indonesia Kuat!’ yang juga sejalan dengan tema Hari Perempuan Internasional dari UN Women kala itu. Program ini melibatkan sebanyak 7052 peserta dan 40 lebih komunitas dalam 16 kali webinar sejak April hingga Desember 2022, serta menghasilkan 933 proposal. Terpilih sebanyak 40 startup untuk mengikuti serangkaian pelatihan seperti bootcamp dan inkubasi.

SheHacks 2022 untuk kategori Ideation dimenangkan oleh startup Rumah Teduh dan kategori MVP dijuarai oleh startup Krealogi Para pemenang kompetisi SheHacks telah mendapatkan total hadiah ratusan juta rupiah, dan kesempatan terhubung dengan pemangku kepentingan berskala global untuk mengaktualisasikan solusi melalui pengembangan hingga pendanaan dalam buddy program selama 4 bulan.

Mereka juga berkesempatan untuk mempresentasikan inovasinya di depan para pemodal yang tergabung dalam AVPN (Asian Venture Philanthropy Networks).

Selanjutnya, SheHacks 2023 masih bergulir dengan menghadirkan tiga program yaitu SheHacks Innovate, SheHacks Impact, dan SheHacks Improve yang dilakukan di seluruh Indonesia termasuk di beberapa destinasi wisata prioritas, seperti Labuan Bajo dan Candi Borobudur Magelang Jawa Tengah dengan tujuan memberdayakan perempuan di semua sektor termasuk pariwisata.

President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha, dalam keterangan pers mengatakan, perempuan adalah pelaku utama UMKM di Indonesia. Sangat penting untuk mendukung mereka melalui keunggulan teknologi digital yang inklusif, karena diproyeksikan 64% UMKM akan go digital pada tahun 2027.

Akses digital yang setara bagi perempuan perlu diupayakan secara kolaboratif untuk dampak yang lebih besar. Indosat berkomitmen untuk terus menjadi kolaborator utama dalam memberdayakan masyarakat Indonesia dan menjadi penggerak utama pertumbuhan ekonomi digital bangsa.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga, sebelumnya mengapresiasi langkah Indosat yang menghadirkan program SheHacks bagi perempuan Indonesia. Mereka ada pemilik dan pengelola 64 juta usaha mikro yang berkontribusi pada pertumbuhan di sektor UMKM.

Menurut dia, SheHacks dapat memberikan ruang lebih luas, tidak hanya pada perempuan wirausaha dalam mengembangkan produk tetapi juga bagi perempuan yang memberikan ide solutif dan inovatif untuk mewujudkan kesetaraan gender di Indonesia. Hal ini, sejalan dengan program prioritas Presiden di bidang wirausaha untuk menjadikan perempuan berdaya, anak terlindungi, dan Indonesia maju.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru