Sulsel Siap Jadi Tuan Rumah Kejurnas Tinju Piala Wapres 2023

Tri Yari Kurniawan
Minggu, 15 Jan 2023 17:21
Sulsel Siap Jadi Tuan Rumah Kejurnas Tinju Piala Wapres 2023
Pertina Sulsel memantapkan persiapan untuk menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Tinju Piala Wakil Presiden (Wapres) 2023. Foto/Dok Pertina Sulsel
Comment
Share
MAKASSAR - Pengurus Provinsi Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Sulawesi Selatan (Sulsel) memantapkan persiapan untuk menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Tinju Piala Wakil Presiden (Wapres) 2023.

Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Pertina Sulsel, Harpen Reza Ali, mengatakan pihaknya sudah melakukan persiapan awal demi mensukseskan event nasional tersebut.



”Ini amanah yang tidak boleh disia-siakan. Apalagi Sulsel jadi tuan rumah Kejurnas Tinju Piala Wapres ini disepakati dan diputuskan di Rakernas Pertina, pertengahan November 2022 lalu di Jakarta. Bagi Pertina Sulsel, ini tantangan sekaligus peluang yang wajib untuk dilaksanakan,” kata putra mantan Ketua Umum Pertina Pusat, A. Reza Ali, dikutip dari laman resmi Pertina Sulsel.

Harpen mengaku sudah berkomunikasi dengan Ketua Umum Pengurus Pusat Pertina Mayjen TNI (Purn) Komaruddin Simanjuntak saat hadir melantik Pengurus Provinsi Pertina Sulsel pada awal Desember 2022 lalu di Hotel Claro Makassar.

”Ketum Pertina Jendral Komaruddin sangat mengapresiasi. Bahkan Sulsel dianggap sangat layak jadi tuan rumah Piala Wapres,” kata Harpen.

Ketua Pengprov Pertina termuda di Indonesia ini mengaku tengah mempersiapkan seperti apa konsep kejuaraan tinju Piala Wapres nanti. “Pengurus Pertina Sulsel baru saja selesai dilantik. Program kami selanjutnya membentuk panitia pelaksana. Insya Allah awal Januari kami akan rampungkan sekaligus kita akan star,” jelasnya.

Dalam beberapa keikutsertaan Sulsel pada Kejurnas Piala Wapres, salah satu pencapaian terbaiknya saat mampu menjadi juara umum II di Padang, Sumatera Barat, 3-8 Juni 2013. Keberhasilan Sulsel menembus posisi dua setelah mengoleksi empat medali. Masing-masing melalui Alex Tatontos yang meraih medali emas, Erico Amanupunyo mendulang perak dan Charles Katiandago serta Abd Sada yang sama-sama meraih medali perunggu.



Alex Tatontos berhasil merebut emas setelah di babak final mengalahkan Gino Kurnia, wakil Sumatera Barat. Sementara Erico harus mengakui keunggulan Vinky Montolalu di kelas welter ringan. Kekalahan Erico dari Vinky merupakan ketigakalinya yakni saat PON XVIII Riau 2012 dan Sarung Tinju Emas (STE) di Makassar pada 2012 lalu.

Perolehan medali Sulsel hanya kalah dari Sulawesi Utara (Sulut) yang saat itu mempertahankan gelarnya sebagai juara umum.
(RPL)
Berita Terkait
Berita Terbaru