Rektor UNM Dorong 1000 Wisudawan ke Jenjang Pendidikan Lebih Tinggi

Tim Sindomakassar
Selasa, 27 Jun 2023 16:23
Rektor UNM Dorong 1000 Wisudawan ke Jenjang Pendidikan Lebih Tinggi
Rektor UNM, Prof Husain Syam di tengah para wisudawan. Foto: Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali mengukuhkan 1000 wisudawan dan wisudawati periode Juni 2023. Wisuda digelar di Pelataran Gedung Pinisi UNM, Jalan AP Pettarani Makassar, Senin 26 Juni kemarin.

Dalam sidang senat terbuka wisuda periode Juni tahun akademik 2022/2023, 1000 wisudawan tersebut di antaranya, Program Doktor 25 orang, Program Magister 120 orang, Program Sarjana 854 orang, dan Program Diploma 1 orang.

Rektor UNM, Prof Husain Syam menyampaikan ini adalah wisuda kelima selama tahun 2023, artinya sudah ada 5000 alumni yang sudah dilepas tahun ini.



"Setiap bulan kita selalu mewisuda 1000 orang, dan kita selalu bertepatan dengan momen penuh rasa bahagia seperti saat ini karena dua hari ke depan kita akan melaksanakan lebaran Idul Adha," ujar Prof Husain Syam.

Artinya, menurut PHS sapaan akrab Rektor dua periode ini, momentum wisuda yang bertepatan menjelang hari raya idul adha mempunyai makna dan faedah tersendiri ketika masing-masing pulang ke kampung halaman.

"Ini sama halnya ketika kita wisuda bulan kemarin saat menjelang lebaran Idul Fitri, sangat pas membawa pulang gelar di hari raya apalagi saat berkumpul dengan keluarga besar," tuturnya.



Tak lupa, Prof Husain Syam berpesan kepada para wisudawan khususnya wisudawan terbaik agar tidak berhenti menempuh pendidikan sampai ke jenjang berikutnya.

"Ini luar biasa karena lulusan sarjana yang terbaik itu semuanya selesai di bawah empat tahun," ungkap Guru besar di bidang pertanian ini.

Meski begitu, kata PHS, gelar sarjana saat ini rasanya sudah tidak kuat untuk dijadikan modal dalam mengarungi perjalanan hidup di tengah persaingan yang kompetitif.



"Karena itu saya sarankan kepada wisudawan untuk jangan berhenti belajar di jenjang pendidikan S1 saja, tetapi lanjutkan ke jenjang berikutnya sampai yang tertinggi yaitu Doktor," cetusnya.

"Saya berharap anda juga mempersiapkan diri di tengah masyarakat, dan menunjukkan sebagai profesional serta ilmuan yang telah digeluti selama ini," tambah PHS.

Adapun lulusan terbaik dari setiap jenjang yang di wisuda periode bulan Juni yakni, dari Program Doktor diraih oleh Mithhar Prodi Sosiologi dengan IPK 3,97 masa studi 2 tahun 5 bulan. Dari program Magister diraih oleh Linda Sari dari prodi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dengan IPK 3,98 masa studi hanya 1 tahun 4 bulan.

Dari program sarjana diraih oleh Nur Maulindah Umar dari Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah dengan IPK 4,00 masa studi 3 tahun 5 bulan.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru