Kampung Bersih Nusantara Kian Komplet, Hadir Fasilitas Lorong Baca & Kebun Sayur

Tri Yari Kurniawan
Jum'at, 07 Jul 2023 22:38
Kampung Bersih Nusantara Kian Komplet, Hadir Fasilitas Lorong Baca & Kebun Sayur
Program Kampung Bersih Nusantara (KBN) di Kelurahan Panampu, Kota Makassar semakin komplet dengan hadirnya fasilitas lorong baca serta penanaman bibit sayur dan buah. Foto/Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Program Kampung Bersih Nusantara (KBN) di Kelurahan Panampu, Kota Makassar semakin komplet dengan hadirnya fasilitas lorong baca serta penanaman bibit sayur dan buah. KBN merupakan program sosial yang digagas oleh PT Nusantara Infrastructure Tbk berkolaborasi dengan Pengelola Jalan Tol Makassar, PT Makassar Metro Network (MMN) - PT Jalan Tol Seksi Empat (JTSE) dan Human Initiative, yang diresmikan November 2022 lalu.

Indah D. P. Pertiwi selaku Head of Corporate Communication Nusantara Infrastructure menjelaskan program Kampung Bersih Nusantara awal dibentuknya untuk menjawab permasalahan pembuangan liar sampah ke area jalan tol. Kala itu, fokusnya bagaimana merangkul warga setempat untuk saling menjaga kebersihan lingkungan sekitar, melalui program-progam seperti tukar sampah dengan sembako di Bank Sampah, memperindah fasilitas lingkungan, pengecatan tembok pembatas maupun rumah warga yang dilakukan bersama.



"Namun, kini program kita kembangkan dari sisi edukasi dan pengembangan komunitas yang semakin disambut secara antusias oleh warga setempat," ungkap dia, dalam keterangan pers yang diterima SINDO Makassar, Jumat (7/6/2023).

Program lorong baca KBN ini menyediakan fasilitas buku-buku bacaan yang edukatif dengan target penerima manfaatnya adalah anak-anak Sekolah Dasar. Selain buku, dalam program lorong baca ini juga telah disiapkan tenaga pengajar untuk berbagai subjek mata pelajaran seperti matematika dasar, Bahasa Inggris dan belajar membaca.

Kepala Bidang Program Human Initiative Sulawesi Selatan, Wenni Alfianti, menyebut tenaga pengajar dibagi menjadi beberapa kelompok mengingat peserta didik memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Sebagai contoh pelajaran membaca, sebetulnya target pesertanya adalah anak-anak kecil pra-sekolah usia 4-5 tahun, anak yang putus sekolah dan juga anak sekolah, namun yang belum mampu untuk baca tulis.

"Tapi, kami juga mendapatkan ada beberapa ibu-ibu yang mengikuti kelas ini karena mereka ingin bisa membaca dan menulis," tuturnya.

Tak hanya dari sisi pendidikan, KBN juga mengembangkan program pemberdaayan masyarakatnya dari sisi lingkungan melalui penciptaan kebun sayur dan buah. Kebun sayur dan buah ini menggunakan polybag yang nantinya ditata di setiap Lorong KBN dengan berbagai jenis sayuran dan buah-buahan yang dapat dimanfaatkan dan dinikmati langsung oleh warga.



Ia menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk memanfaatkan lahan sempit diperkotaan khususnya dilorong/gang dengan penanaman sayur dan buah untuk menciptakan ruang terbuka hijau, khususnya di Kelurahan Panampu khususnya RW. 03. Program ini juga diharapkan dapat membantu setidaknya kebutuhan konsumsi buah dan sayur warga di sekitar KBN sekaligus mendukung kegiatan posyandu untuk Pemberian Makanan Tambahan (PMT) balita ke depannya.

“Ke depannya, KBN akan terus kami dampingi dan dievaluasi secara berkala pelaksanaannya. Untuk itu, kami juga ingin mengajak pihak-pihak lain untuk turut berkolaborasi dalam mengembangkan KBN ini, agar menjadi kampung yang menginspirasi, tidak hanya di Panampu tetapi dapat dibangun di wilayah lainnya," tutup Indah.
(TRI)
Berita Terbaru