GMTD & PDAM Resmi Jalin Kerja Sama Penuhi Kebutuhan Air Bersih di Green River View

Tri Yari Kurniawan
Kamis, 02 Nov 2023 16:05
GMTD & PDAM Resmi Jalin Kerja Sama Penuhi Kebutuhan Air Bersih di Green River View
GMTD dan Perumda Air Minum alias PDAM Kota Makassar resmi menjalin kerja sama, ditandai dengan penandatangan MoU di Madrid Assembly Hall, Pantai Akkarena. Foto/Tri Yari Kurniawan
Comment
Share
MAKASSAR - PT Gowa Makassar Tourism Development Tbk (GMTD) dan Perumda Air Minum alias PDAM Kota Makassar resmi menjalin kerja sama, ditandai dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) di Madrid Assembly Hall, Pantai Akkarena, Kamis (2/11/2023).

Nota kesepahaman itu diteken langsung oleh Presiden Direktur GMTD Ali Said dan Direktur Utama PDAM Kota Makassar Beni Iskandar. Tampak hadir pula jajaran pimpinan lingkup GMTD dan PDAM Makassar.

Kerja sama itu mencakup pemenuhan kebutuhan air bersih untuk perumahan milik GMTD, khususnya Green River View. Di samping itu, kedua belah pihak juga siap menjalin kerja sama investasi dan kerja sama infrastruktur terkait pemenuhan kebutuhan air bersih.

Presiden Direktur GMTD Ali Said menyampaikan kolaborasi antara GMTD dan PDAM Makassar sebenarnya terjalin sejak lama. Beberapa perumahan yang dibangun pengembang ini sudah mendapatkan suplai air bersih dari PDAM Makassar. Terlebih, GMTD adalah perusahaan, dimana Pemkot Makassar memiliki saham.

"Beberapa klaster (perumahan GMTD) sebenarnya sudah kerja sama dengan PDAM Makassar. Nah, sekarang ini ada momen baik dan kami mau memperluas lagi, makanya kami gandeng secara formil," ujar dia, setelah penandatangan MoU antara GMTD dan PDAM Makassar.

Adapun MoU ini berfokus pada kerja sama pemenuhan air bersih untuk unit-unit yang ada di perumahan Green River View. Ke depannya, Ali Said menegaskan semua klaster perumahan milik GMTD tentunya akan menggandeng PDAM Makassar untuk pemenuhan kebutuhan air bersih.

Pada kesempatan itu, Ali Said juga menyampaikan kerja sama ini tentunya menguntungkan kedua belah pihak. Dari sisi pengembang, pihaknya bisa mendapatkan suplai air bersih untuk memenuhi kebutuhan penghuni perumahan. Sedangkan dari sisi PDAM Makassar dapat menambah pendapatan lewat kerja sama ini.

Direktur Utama PDAM Kota Makassar Beni Iskandar mengakui GMTD memiliki kontribusi cukup besar untuk pendapatan perusahaan air minum daerah. Dengan jumlah penghuni yang sangat banyak yang terdiri dari sejumlah klaster perumahan, tentunya sangat menguntungkan bagi PDAM Makassar.

Ia juga merespons permintaan dari pihak GMTD yang menginginkan agar suplai air bersih dilakukan secepatnya. Pihaknya pun mengupayakan sebelum bulan ini berakhir sudah dapat dijalankan. "Kami juga maunya cepat, tidak ada yang lambat-lambat," ujarnya.

Lebih jauh, Beni mengakui kondisi pemenuhan air bersih di Makassar cukup sulit akibat dampak fenomena El Nino. Khusus daerah Tanjung Bunga dan sekitarnya yang menjadi lokasi perumahan GMTD, akses air bersih tidak normal karena instalasi Maccini Sombala tidak lagi beroperasi dalam tiga pekan terakhir.

Ia menekankan bila kadar klorida dan suplai air baku sudah normal, PDAM Makassar tidak akan kesulitan untuk mendistribusikan air bersih ke daerah Tanjung Bunga, bahkan hingga ke utara kota. "Dalam kondisi normal ya mencukupi suplai air ke GMTD, kami mampu melalui instalasi Maccini Sombala, bahkan sampai ke utara kota, termasuk ke CPI," ujarnya.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru