Prof Husain Syam Puji IKA UNM Usai Buat Anies dan Ganjar Adu Gagasan

Luqman Zainuddin
Sabtu, 18 Nov 2023 23:41
Prof Husain Syam Puji IKA UNM Usai Buat Anies dan Ganjar Adu Gagasan
Anies Baswedan memberi keterangan pers usai mengikuti sarasehan nasional yang dilaksanakan IKA UNM. Hadir juga dalam kegiatan ini Ganjar Pranowo. Foto: SINDO Makassar/Luqman Zainuddin
Comment
Share
MAKASSAR - Ikatan Alumni (IKA) Universitas Negeri Makassar (UNM) berhasil mendatangkan dua calon presiden dalam sarasehan nasional, Sabtu (18/11/2023). Mereka adalah Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

Baik Anies maupun Ganjar hadir berbicara terkait tema sarasehan nasional tentang demokrasi pancasila dan demokrasi ekonomi di Four Point by Sheraton, Kota Makassar.

Pandangan mereka terkait tema lalu digali lebih dalam oleh tiga panelis yang dihadirkan oleh panitia. Panelis itu yakni Rocky Gerung, Dr Awalil (pengamat ekonomi), dan Prof Zainal Arifin Muchtar (pakar hukum).

Kedua calon presiden ini juga mendapat pertanyaan dari peserta sarasehan nasional. Umumnya peserta merupakan alumni IKIP/UNM. Ada pula undangan dari kampus lain dan instansi terkait.

Ketua IKA UNM Nurdin Halid menyampaikan, kegiatan ini sangat berbeda dengan agenda dialog yang menghadirkan calon presiden. Jika biasanya di tempat lain mereka diminta memaparkan visi misi, di sini mereka diminta sikap, pikiran, dan visinya tentang praktik demokrasi pancasila dan ekonomi.

Nurdin mengatakan, sarasehan tidak akan berhenti sampai di sini. Sebab gagasan-gagasan calon presiden akan dirumuskan dan dibawa dalam agenda focus group discussion (FGD).

"Rumusan dari sarasehan ini adalah kita akan uji petik, makanya ada tim perumusnya yang semua ini ilmuwan untuk merumuskan daripada hasil sarasehan ini kemudian kita uji petik dalam bentuk FGD, seminar, sampai kepada terpilihnya presiden," kata Nurdin.

"Nah, hasilnya nanti adalah kita serahkan kepada presiden terpilih. Jadi ada outputnya. Jadi tidak hanya sekadar datangkan capres,” pungkas mantan Ketua Golkar Sulsel itu.

Sementara itu, Rektor UNM Prof Husain Syam memberi pujian kepada jajaran pengurus IKA yang telah menggelar sarasehan nasional ini. Termasuk beberapa rangkaian kegiatan lainnya.

"Menurut catatan saya, amat sangat sukses sarasehan tadi. Karena ini saya apresiasi ke pengurus IKA, bekerja keras, berkolaborasi, sehingga semua yang direncanakan berjalan luar biasa," kata Prof Husain Syam pada malam gembira, Sabtu (18/11/2023).
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru