Dinas Kebudayaan Makassar Diharap Perhatikan Situs Kerajaan Tallo

Tim Sindomakassar
Minggu, 26 Feb 2023 20:28
Dinas Kebudayaan Makassar Diharap Perhatikan Situs Kerajaan Tallo
Kepala Bidang Sarana Dinas Kebudayaan Makassar Andi Natsir Halid saat menerima Dewat Adat dan Lembaga Adat Kerajaan Tallo. Foto: Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Sejumlah dewan adat dan tokoh masyarakat, silaturahmi dengan Dinas Kebudayaan Kota Makassar untuk membahas sejumlah situs Kerajaan Tallo.

Mereka berharap pemerintah khususnya Dinas Kebudayaan Makassar, untuk memberi perhatian situs Kerajaan Tallo yang terletak di Kecamatan Tallo.



Kunjungan Dewan Adat Gallarang Tujua dan Lembaga Kerajaan Tallo ini diterima langsung oleh Kepala Bidang Sarana Dinas Kebudayaan Makassar Andi Natsir Halid, Jumat, (24/02/2023) lalu.

Salah satu tokoh adat Abd Muis H Kute Daeng Makkulle (Gallarang Tallo), mengatakan pertemuan tersebut untuk
membicarakan terkait pelestarian adat dan budaya di Kerajaan Tallo.

Dirinya menjelaskan beberapa situs Kerajaan Tallo yang masih ada di sana antara lain Timungan Lompoa, Bungun Langgara, Bungun Mawar, Pabbenderanga "Sekaligus perencanaan pembangunan Balla Lompoa RI Tallo," katanya.

Untuk itu Dewan Dewan Adat Gallarang Tujua ini berharap agar kerjasama bisa terjalin untuk mempertahankan adat dan budaya untuk dilestarikan.



Beberapa yang tokoh adat yang hadir dalam silaturrahmi Syarifuddin Thalib Daeng Sele (Gallarang Bira), H Ilyas Ali Arief Daeng Mallawa (Gallarang Kalukuang), Abd Muis H Kute Daeng Makkulle (Gallarang Tallo ), Andi Syamsuryadi Daeng Bombong ( Gallarang Pannampu ), Jumaris Daeng Raga (Gallarang Biringkanaya), Suratman Daeng Irate (Gallarang Kalukubodoa), Andi Hendra Mappasomba Daeng Rumpa (Gallarang Rappokalling ),

Selain itu turut hadir juga Jubir Amran Salam Kari Daeng Matutu, Sudirman Rala Daeng Cambang, Abd Zubair, Karaeng Tappu.

(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru