Poltekpar Makassar Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur Seleksi Mandiri

Luqman Zainuddin
Selasa, 14 Mei 2024 18:04
Poltekpar Makassar Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur Seleksi Mandiri
Poltekpar Makassar buka pendaftaran mahasiswa baru jalur seleksi mandiri. Foto: Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar resmi membuka pendaftaran penerimaan mahasiswa baru melalui Jalur Seleksi mandiri Masuk (SMM), Senin (13/5/2024). Pendaftaran melalui Jalur SMM dilakukan secara daring melalui situs web pendaftaran INI.

Pendaftaran Jalur Seleksi mandiri Masuk (SMM) terbuka hingga tanggal 6 Juli 2024. Terdapat 9 pilihan kategori seleksi masuk yang dapat dipilih oleh pendaftar yakni Kategori Umum, Prestasi, Wirausaha, Kerjasama, Dudika, Pemberdayaan Masyarakat, Rekognisi Pembelajaran Masa Lampau (RPL), dan Disabilitas (Tunarungu).

Direktur Poltekpar Makassar Dr Herry Rachmat Widjaja mengatakan bahwa tahun ini jumlah mahasiswa baru yang akan diterima adalah 600 orang.



Adapun pada jalur SMM jumlah mahasiswa yang akan diterima berjumlah 40% dari kuota yang tersedia. Pendistribusian 40% kuota jalur Seleksi Mandiri Masuk disesuaikan dengan kapasitas dan daya tampung masing-masing program studi.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, tahun ini terdapat kategori khusus yakni kategori disabilitas (tunarungu). Tujuannya, memberikan kesempatan kepada masyarakat penyandang disabilitas untuk mengenyam pendidikan di bidang pariwisata dan perhotelan. Kategori ini adalah bentuk akomodasi terhadap keberagaman kebutuhan calon mahasiswa disabilitas.

“Walaupun kategori ini baru dibuka secara khusus, namun sejak tahun 2016 Poltekpar Makassar telah menerima beberapa mahasiswa penyandang disabilitas tunarungu. Saat ini masih ada yang aktif berkuliah dan beberapa diantaranya telah berhasil menyelesaikan studi dan telah berkarir di berbagai bidang,” ujar Direktur.



Selain itu berbeda dari Jalur Seleksi Bersama Masuk (SBM) pendaftar Jalur SMM hanya dapat memilih 3 program studi berbeda yang ada di Poltekpar Makassar saja. Adapun program studi yang ada di Poltekpar Makassar yaitu Program Studi D3 Divisi Kamar, D3 Tata Hidang, D3 Seni Kuliner, D3 Perjalanan Wisata, D4 Pengelolaan Perhotelan, D4 Usaha Perjalanan Wisata, D4 Pengelolaan Konvensi dan Acara, dan D4 Destinasi Pariwisisata.

Terdapat beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi untuk mendaftar Jalur SMM di antaranya adalah Lulus SMA/SMK/MA sederajat, mengisi formulir pendaftaran melalui website SMM-Poltekpar, melengkapi dokumen persyaratan sesuai dengan kategori yang didaftar, melakukan pembayaran biaya formulir sebesar Rp. 250.000.

Mengikuti seluruh rangkaian seleksi, yaitu upload portofolio raport dan dokumen rekomendasi sesuai kategori pendaftaran serta mengikuti wawancara. Terdapat persyaratan khusus untuk masing-masing kategori pendaftaran, untuk detail persyaratannya dan penjelasan dari masing-masing kategori dapat dilihat melalui wesbsite pendaftaran SMM.



Poltekpar Makassar merupakan satu dari enam Politeknik Pariwsata yang berada di naungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Keratif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. Poltekpar Makassar telah berdiri sejak tahun 1991 dan telah menghasilkan ribuan alumni yang bekerja di berbagai bidang terutama pada bidang pariwisata yang tersebar diseluruh Indonesia dan mancanegara.

Adapun jadwal jalur seleksi mandiri masuk Poltekpar Makassar Tahun 2024, Pendaftaran 13 Mei – 6 Juli 2024, Pelaksanaan Ujian 15 Juli 2024, Pelaksanaan Wawancara 16 Juli 2024, Akhir Pengumpulan Rikkes 18 Juli 2024, Pengumuman Hasil Seleksi 20 Juli 2024, Pendaftaran Ulang 22 Juli - 28 Agustus 2024.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru