Pemkab Banggai Kagum dengan Inovasi Smart City Makassar

Luqman Zainuddin
Selasa, 28 Mei 2024 18:50
Pemkab Banggai Kagum dengan Inovasi Smart City Makassar
Penyerahan cendera mata pada kunjungan studi tiru Pemkab Banggai di War Room Pemkot Makassar. Foto: Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Bupati Kabupaten Banggai Amirudin Tamoreka, melakukan kunjungan ke War Room Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, Selasa (28/5/2024). Kedatangan Amiruddin untuk mempelajari penerapan konsep Smart City di Kota Makassar.

Asisten I Pemkot Makassar, Muhammad Yasir menyambut hangat Bupati Banggai berserta rombongan. Ia mengaku tersanjung sebab Pemkab Banggai memilih Kota Makassar sebagai lokus studi tiru.

"Selamat datang di ikon Smart City Makassar. War Room ini adalah pusat kendali yang menunjukkan komitmen kami terhadap penerapan teknologi dalam pelayanan publik," ujarnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Makassar, Ismawaty Nur, turut menambahkan terkait keunggulan War Room.

Ia menjelaskan bahwa War Room atau Operation Room adalah wadah untuk mempercepat fungsi Collect, Communicate, dan Crunch dalam tahapan Smart City yang mulai diterapkan sejak tahun 2015.

"War Room adalah pusat kendali yang dikelola UPT War Room Diskominfo Makassar. Di sini, kita menampilkan tayangan real-time dari ribuan kamera pemantau (CCTV) yang tersebar di berbagai titik strategis, termasuk Lorong Wisata," katanya.

Ismawaty juga menambahkan bahwa War Room tidak hanya memantau keamanan dan ketertiban, tetapi juga menyediakan data kependudukan, pemantauan cuaca dan iklim, serta aplikasi tracking GPS pada semua kendaraan layanan publik milik Pemkot Makassar, seperti mobil Home Care.

Lanjutnya, salah satu fitur unggulan dari War Room adalah kemampuan menampung segala aduan masyarakat melalui Call Centre 112.

Bupati Banggai, Amirudin Tamoreka, mengungkapkan kekagumannya terhadap penerapan Smart City di Makassar, terutama terkait pusat data pelayanan publik real-time yang terintegrasi dengan seluruh website SKPD Pemkot Makassar.

"Pelayanan ini paling penting karena memungkinkan koordinasi dan respon cepat atas situasi kota dari berbagai layanan publik di Makassar," ucapnya.

Ia menjelaskan bahwa kunjungan ini bertujuan untuk studi tiru guna pengembangan Smart City di Kabupaten Banggai. Untuk itu, Ia berharap melalui studi tiru yang berkesan ini dapat menerapkan hal serupa di Banggai.

Di akhir pertemuan, Asisten I Pemkot Makassar, Muhammad Yasir, memberikan cenderamata berupa kapal pinisi yang merupakan ikon Kota Makassar kepada Bupati Banggai, Amirudin Tamoreka.

"Semoga kunjungan ini membawa manfaat besar bagi pengembangan smart city di Kabupaten Banggai," ujar Yasir.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru