Prof Zudan Optimistis Peningkatan Investasi di Sulsel

Tim Sindomakassar
Rabu, 21 Agu 2024 10:34
Prof Zudan Optimistis Peningkatan Investasi di Sulsel
Suasana penandatanangan nota kesepahaman oleh Plt Direktur Utama PT SCI (Perseroda), Machmud Achmad dan Direktur Eksekutif PT Humpuss, Andi Alifwansyah, dengan disaksikan oleh Pejabat Gubernur Sulsel.
Comment
Share
MAKASSAR - PT Sulsel Citra Indonesia (Perseroda) (PT SCI) dan PT Humpuss telah menandatangani nota kesepahaman, untuk menjalin kerjasama dalam pengelolaan dan pengembangan sumber daya di Sulsel.

Fokus utama dari kerjasama ini adalah meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Provinsi Sulsel melalui empat sektor utama yaitu sumber daya air, energi, kepelabuhanan, dan agribisnis.



Penandatanganan Nota Kesepahaman ini berlangsung pada Selasa, (20/08/2024), di Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Selatan. Nota kesepahaman ini ditandatangani oleh Plt Direktur Utama PT SCI (Perseroda), Machmud Achmad dan Direktur Eksekutif PT Humpuss, Andi Alifwansyah, dengan disaksikan oleh Pejabat Gubernur Sulsel, Prof Zudan Arif Fakrulloh.

"Kami senang, selamat datang di Sulsel," kata Prof Zudan.

Prof Zudan optimistis, investasi yang ada akan menggerakkan sektor ketenagakerjaan. "Orang bisa bekerja bila ada lapangan kerja. Sulsel kuat dan memiliki potensi besar sektor kemaritiman, agribisnis dan energi membutuhkan banyak tenaga kerja," ungkapnya.

"Untuk itu, kami mengundang PT Humpuss dan ini gayung bersambut bersama SCI untuk bersama-sama investasi di Sulsel. Ini tentu akan menjadikan investasi yang besar," sebutnya.

Adapun kerjasama ini meliputi empat sektor penting. Pertama, pengelolaan sumber daya air yang akan difokuskan pada penyediaan air bersih dan air minum. Kedua, di sektor energi, kerjasama ini akan mendukung penyediaan bahan baku energi bagi operasional Makassar New Port dan berbagai industri besar seperti PT Semen Tonasa dan PT Vale Indonesia.

Ketiga, di sektor kepelabuhanan, kedua perusahaan akan berkolaborasi dalam penyediaan layanan seperti Harbour Tug Boat, Kapal Pandu, dan Dredging Vessel. Keempat, di sektor agribisnis, kerjasama ini akan mendukung program Sulawesi Palm Oil Belt yang mencakup pembangunan pabrik kelapa sawit, budidaya kelapa sawit serta pengembangan sektor pertanian hortikultura.

Baca: Edukasi Safety Riding, Upaya Astra Motor Sulsel Tekan Angka Lakalantas

"Terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada kami untuk bekerjasama dengan Perseroda. Saya kira ini legacy yang Prof Zudan tinggalkan hal yang baik. Kami akan support dengan kekuatan yang ada dan kami siap," kata Direktur Eksekutif PT. Humpuss, Andi Alifwansyah.

Di sisi lain, PT Humpuss sebagai perusahaan yang berpengalaman, memiliki rekam jejak yang kuat dalam bidang energi dan infrastruktur. Seperti pembangunan dan pengelolaan Refinery dan industri Petrokimia serta di bidang pelayanan jasa kemaritiman dan kepelabuhanan. "Kami kuat di bidang maritim serta oil and gas," imbuhnya.

Sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi Sulawesi Selatan, PT Sulsel Citra Indonesia (Perseroda) terus berkomitmen untuk menjadi perusahaan terkemuka yang mampu mendukung Pemerintah Daerah Sulsel dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui pengelolaan badan usaha secara profesional.

Saat ini, PT SCI sedang mengembangkan sejumlah program, antara lain di sektor perkebunan dan industri kelapa sawit sebagai bagian dari program Sulawesi Palm Oil Belt, pembangunan Petrochemical Complex di Kabupaten Bulukumba.

"Ini paling kita inginkan adalah bisa meningkatkan pendapatan masyarakat dan tentunya akan mempengaruhi juga pendapatan asli daerah Sulsel," ujar Plt. Direktur Utama PT. SCI (Perseroda)," kata Machmud Achmad.

Dengan demikian, melalui kerjasama ini, PT SCI (Perseroda) dan PT Humpuss optimistis dapat berkontribusi dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, membuka lapangan kerja, serta meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Kolaborasi ini juga diharapkan membuka lebih banyak peluang kerjasama yang saling menguntungkan.
(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru