Makassar jadi Kota Ketiga Pelaksanaan Sosialisasi MediaMIND 2024

Tri Yari Kurniawan
Senin, 26 Agu 2024 20:03
Makassar jadi Kota Ketiga Pelaksanaan Sosialisasi MediaMIND 2024
Corporate Communication MIND ID, Pratiwa Dyatmika, memaparkan peran dan kontribusi MIND ID dan anak perusahaan pada sosialisasi MediaMIND 2024 di Kota Makassar. Foto/Tri Yari Kurniawan
Comment
Share
MAKASSAR - Holding pertambangan BUMN PT Mineral Industri Indonesia atau MIND ID bersama PT Vale Indonesia menggelar sosialisasi MediaMIND 2024 di Gedung Iptek Universitas Hasanuddin (Unhas), Senin (26/8/2024). MediaMIND 2024 adalah kompetisi karya jurnalistik untuk kali ketiga.

Makassar merupakan kota ketiga pelaksanaan sosialisasi setelah Medan dan Yogyakarta. Total ada lima kota tujuan sosialisasi. Berikutnya yakni Surabaya dan Jakarta.

Sosialisasi MediaMIND 2024 di Makassar terbagi dua gelombang. Untuk gelombang pertama digelar pada pukul 09.00 Wita dengan menyasar mahasiswa. Sedangkan, gelombang kedua diikuti puluhan jurnalis berlangsung pukul 14.00 Wita.

Corporate Communication MIND ID, Pratiwa Dyatmika, pada kesempatan itu menyampaikan kompetisi karya jurnalistik MediaMIND 2024 lebih menarik dan berbeda dari tahun sebelumnya. Kini, tak hanya berfokus untuk kalangan jurnalis tapi juga untuk mahasiswa.

Lewat MediaMIND 2024, pihaknya mengajak jurnalis maupun mahasiswa untuk mengeksplorasi pandangannya terhadap kontribusi industri pertambangan di Indonesia. Para jurnalis dan mahasiswa diharapkan bisa lebih mendalami isu pertambangan.

Dalam sosialisasi itu, Pratiwa mengulas peran maupun kontribusi MIND ID dan anak perusahaan dalam membangun negeri. Lewat industri pertambangan yang semakin berkembang dengan fokus pada hilirisasi telah menghasilkan nilai tambah, yang muaranya mendukung perekonomian nasional.

Pada kesempatan itu, Pratiwa juga memaparkan mengenai langkah MIND ID yang tidak hanya berfokus semata pada bisnis pertambangan. MIND ID dan anak perusahaan konsisten menjaga lingkungan dan membantu banyak UMKM untuk terus bertumbuh. Termasuk senantiasa melakukan reklamasi pada lahan bekas tambang.

"MIND ID memiliki visi menjadi perusahaan sumber daya alam global terintegrasi dengan komitmen yang kuat terhadap masyarakat dan lingkungan. Kami memiliki tiga mandat yakni kepemilikan cadangan, hilirisasi, dan kepemilikan pasar," katanya.

Lebih jauh, Pratiwa menyampaikan masih banyaknya tantangan yang dihadapi sektor pertambangan. Salah satunya penolakan Uni Eropa di World Trade Organization (WTO) terhadap penghentian ekspor biji nikel ke negara tersebut.

"Jadi ayo kita sama-sama memperkuat posisi Indonesia untuk mewujudkan Indonesia Emas melalui pertambahan nilai pertambangan," ujarnya.

Hal ini sesuai juga dengan tema kompetisi MediaMIND 2024 dengan mengangkat tema 'Merangkai Masa Depan' yang menekankan latar belakang isu terkait hilirisasi mineral dan batu bara (minerba) yang berkontribusi bagi perekonomian Indonesia.

Selain memperkuat ekonomi nasional, hilirisasi minerba dapat meningkatkan nilai tambah komoditas, memperluas peluang pasar, menciptakan lapangan kerja baru, dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di berbagai daerah. Rantai hilirisasi ini diharapkan terus tersambung hingga ke industri yang lebih hilir terutama ekosistem baterai untuk kendaraan listrik.

Adapun subtema MediaMIND 2024 terbagi menjadi lima: Ekonomi, Industrialisasi, Environmental, Social, dan Governance (ESG), Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan, serta Ekosistem Baterai Kendaraan Listrik.

Head of Corporate Communications PT Vale, Vanda Kusumaningrum, menyampaikan pihaknya turut mendukung langkah MIND ID menggelar kompetisi karya jurnalistik. Lewat kegiatan itu, bisa meningkatkan literasi sekaligus dukungan untuk industri pertambangan di Indonesia.

Pada kesempatan itu, Vanda memaparkan peran dan kontribusi PT Vale dalam mengimplementasikan praktik pertambangan berkelanjutan.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru