KYF 2024 Sukses Digelar, Hasilkan Lebih dari 28 Ribu Bibit Pohon selama Dua Hari

Tim Sindomakassar
Senin, 09 Sep 2024 10:39
KYF 2024 Sukses Digelar, Hasilkan Lebih dari 28 Ribu Bibit Pohon selama Dua Hari
Sesi inspiring talk menjadi rangkaian Kalla Youth Fest atau KYF 2024 di Rooftop Nipah Park. Foto/Dok Kalla Group
Comment
Share
MAKASSAR - Kalla Youth Fest (KYF) 2024 sukses digelar selama dua hari, 7-8 September 2024 di Rooftop NIPAH PARK. Pada edisi keenam kali ini, KYF 2024 menghadirkan berbagi kegiatan seru seputar well being, environment, ESG dan Sustainability. Tidak hanya itu, Dipha Barus dan Dj Winky Wiryawan sukses menggetarkan perayaan keberlanjutan.

Selain kegiatan talkshow dan entertainment, KYF 2024 memberikan ruang kepada seluruh pengunjung untuk berkontribusi terhadap lingkungan melalui Carbon Offset Program. Dimana, 1 tiket pengunjung yang dibeli melalui Kallafriends sama dengan 1 bibit pohon.

Tidak hanya itu, setiap transaksi minimal Rp5 ribu melalui Kallafriends juga senilai 1 bibit pohon. Tercatat hingga pukul 21.30 WITA, sudah terdapat lebih dari 28 ribu bibit pohon yang dihasilkan dan terus bertambah hingga event 23.59 WITA.

Nantinya bibit pohon ini akan ditanam di salah satu lahan Mangrove binaan CSR KALLA di Kabupaten Pangkajene Kepualauan (Pangkep). Targetnya, seluruh event Kalla Youth Fest 2024 dapat menghasilkan 30 Ribu Bibit Mangrove yang tentunya akan berdampak pada kelestarian ekosistem tentunya ekosistem laut dan mencegah abrasi.

Dalam sesi talkshow inspiratif yang membahas ESG, KYF 2024 menghadirkan Andrian Benhard selaku Business Development Manager Jejakin.id, Zensa Rahman selaku Managing Director Pemimpin.id, Jemi Abdullah selaku Sekertaris Dinas ESDM Sulawesi Selatan dan Muhammad Shobirin selaku Strategic Management & Marketing Division Head.

Dalam sesi Talkshow, KALLA berbagi bagaimana Implementasi ESG yang sudah dijalankan salah satunya kehadiran green business yang berfokus pada Energi Baru Terbarukan (EBT) melalui kehadiran PLTA Poso dan Malea yang telah operasional dan akan ekspansi ke daerah lain.

“Tujuan jangka panjang kami selain membantu Pemerintah mencapai Net Zero Emmision, tentu kami ingin anak cucu kita semua dapat menikmati lingkungan yang lebih sehat. Oleh karena itu, Implementasi ESG KALLA bukan hanya slogan, tapi merupakan jiwa dan DNA perusahaan. Kita mulai dari yang kecil dan mulai saat ini,” kata Shobirin.

Sejalan dengan KALLA, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan juga mendukung penerapan ESG di seluruh lapisan Masyarakat, tidak hanya perusahaan semata.

“Implementasi ESG dimulai dari kita dan seharusnya seluruh perusahaan wajib menerapkan ESG. Tentu fungsi kami adalah bagaimana memberikan regulasi agar insentif tersebut tetap ada. Pemerintah dan KALLA memiliki visi yang sama yaitu keberlanjutan dapat dinikmati oleh generasi semua. Kami berharap kolaborasi dari semua pihak,” ungkap, Jemi Abdullah.

Sesi talkshow inspiratif kedua diisi oleh Faisal Suhaeli Kalla selaku Direktur PT. Bumi Mineral Sulawesi, Vania Herlambang selaku Puteri Indonesia Lingkungan 2018, Rheza Adihusada selaku Founder dan CEO Suryanesia dan Achmad Rosyadi Natsir selaku Business Development Senior Manager KALLA membahas terkait Sustainability.

“PT. Bumi Mineral Sulawesi merupakan unit bisnis yang bergerak dibidang Smelter Nikel yang seluruh sumber daya menggunakan energi hjijau. Dimana sumber energi menggunakan PLTA yang merupakan energi terbarukan (EBT) sehingga bersih dari pencemaran lingkungan. Sehingga nikel yang kami hasilkan sangat ramah lingkungan, yang menjadi nilai tambah dibandingkan dengan smelter nikel lainnya,” jelas Faisal Suhaeli Kalla.

KYF 2024 juga menjadi momen penting komitmen KALLA untuk menghadirkan energi yang lebih baik khususnya di operasional bisnisnya melalui Penandatanganan Kerjasama Pemanfaatan PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) antara Suryanesia dan KALLA dengan total kapasitas 361 kWp.

KYF 2024 ditutup dengan pengumuman berbagai lomba dari Dispora kota Makassar antara lain Clash of Champions, Lomba Debat Bahasa Inggris, Fashion Show dan Reels Challenge.

Tidak sampai disitu, pemenang Lomba Merchandise Design Competition KYF 2024 juga diumumkan dengan Jovany Margareth Depthios sebagai juara pertama, Vanessa Wijaya sebagai juara kedua dan Rifky Nugraha sebagai juara ketiga. Hari terakhir KYF semakin meriah dengan penampilan Dj Winky Wiryawan yang menhipnotis seluruh pengunjung dengan hits lagu Indonesia kekinian.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru