PT Vale Sabet Tiga Penghargaan di Ajang GMP Award Kementerian ESDM 2024

Tim Sindomakassar
Kamis, 26 Sep 2024 10:52
PT Vale Sabet Tiga Penghargaan di Ajang GMP Award Kementerian ESDM 2024
PT Vale menerima tiga perhargaan GMP Award 2024 dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Foto/Dok PT Vale
Comment
Share
JAKARTA - PT Vale Indonesia (PT Vale) kembali mendapatkan pengakuan atas dedikasinya dalam menerapkan Good Mining Practices (GMP). Pada ajang Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan Mineral dan Batubara yang Baik Tahun 2024 atau GMP Award 2024, PT Vale menerima penghargaan bergengsi dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Acara yang digelar di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (24/09/2024), memberikan tiga penghargaan kepada PT Vale Blok Sorowako. Masing-masing yakni Piagam Penghargaan Utama Pengelolaan Teknis Pertambangan, Piagam Penghargaan Utama Pengelolaan Lingkungan Hidup, dan Piagam Penghargaan Aditama Pengelolaan Konservasi Mineral dan Batubara.

Head of HSOR, Environment and Sustainability Operation PT Vale, Muhammad Adli Lubis, menerima penghargaan tersebut sebagai bentuk apresiasi atas komitmen perusahaan dalam menjalankan operasi pertambangan yang bertanggung jawab dan berkelanjutan.

Wakil Presiden Direktur & Chief Operation and Infrastructure Officer PT Vale, Muhammad Adli Lubis, yang turut hadir mengatakan, penghargaan ini adalah hasil kerja keras seluruh tim di PT Vale, mitra kerja, serta dukungan dari pemerintah dan masyarakat.

“Penghargaan ini memotivasi kami untuk terus mengutamakan standar ESG sebagai inti dari setiap keputusan operasional,” ujar Ashar.

Ia juga menegaskan pentingnya keseimbangan antara keuntungan, keselamatan, keberlanjutan lingkungan, dan kesejahteraan masyarakat dalam pendekatan People, Profit, Planet (3P).

PT Vale juga menerapkan pendekatan reklamasi progresif untuk meminimalkan dampak lingkungan. Komitmen terhadap ESG, menurut Ashar, bukan sekadar tren, melainkan bagian integral dari strategi jangka panjang perusahaan.

Dalam sambutannya, Dirjen Minerba ESDM, Tri Winarno, memberikan apresiasi kepada PT Vale dan perusahaan tambang lainnya yang telah menerapkan kaidah pertambangan yang baik.

Menurut dia, penghargaan ini diharapkan dapat memotivasi seluruh insan pertambangan untuk terus meningkatkan standar operasional yang memprioritaskan keselamatan manusia, perlindungan lingkungan, serta kontribusi positif bagi negara dan masyarakat.

Menteri ESDM Bahlil Lahadalia juga menyampaikan terima kasih kepada perusahaan tambang atas kontribusi terhadap penerimaan negara. Ia menekankan pentingnya memperhatikan pengelolaan pasca tambang dan menjaga kaidah pertambangan yang baik agar operasional pertambangan berkelanjutan.

Dengan penghargaan ini, PT Vale semakin mengukuhkan posisinya sebagai pelopor pertambangan berkelanjutan di Indonesia. Tidak hanya fokus pada keuntungan, tetapi juga memiliki komitmen dan tanggung jawab terhadap lingkungan dan masyarakat di sekitar wilayah operasionalnya.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru