PT Vale Raih Top SDGs Award 2024 untuk Komitmen Berkelanjutan

Tim Sindomakassar
Kamis, 26 Sep 2024 15:37
PT Vale Raih Top SDGs Award 2024 untuk Komitmen Berkelanjutan
PT Vale meraih penghargaan atas konsistensinya dalam menerapkan prinsip-prinsip SDGs pada ajang Top SDGs Award 2024 yang diselenggarakan oleh Infobrand.id. Foto/Dok PT Vale
Comment
Share
JAKARTA - PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) meraih penghargaan atas konsistensinya dalam menerapkan prinsip-prinsip Sustainable Development Goals (SDGs) pada ajang Top SDGs Award 2024 yang diselenggarakan oleh Infobrand.id.

Top SDGs Award diberikan kepada perusahaan yang berhasil menjalankan program pengembangan sosial dalam strategi bisnisnya, serta berkontribusi terhadap 17 poin tujuan SDGs.

Di tengah tantangan global, seperti perubahan iklim dan ketidaksetaraan sosial, perusahaan-perusahaan diingatkan untuk tidak hanya fokus pada keuntungan ekonomi, tetapi juga pada dampak sosial dan lingkungan dari operasional mereka. Kesejahteraan masyarakat sangat bergantung pada sinergi antara industri, pemerintah, dan masyarakat.

Hal tersebut disadari betul oleh PT Vale yang lebih dari setengah abad beroperasi berdampingan dengan komunitas lokal di Luwu Timur, Kolaka, dan Bahodopi. Perusahaan berpegang pada komitmen sosial dengan terus menggulirkan program-program pemberdayaan. Komitmen keberlanjutan tersebut mendapat apresiasi.

Pada acara yang berlangsung di Golden Ballroom Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Rabu (25/09/2024), Senior Manager Institutional Relations PT Vale, Yani Siskartika, mewakili perusahaan untuk menerima penghargaan bergengsi tersebut.

Head of External Relations PT Vale, Endra Kusuma, menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas penghargaan yang diterima. Penghargaan ini semakin memotivasi perusahaan untuk menjalankan program CSR.

“Kami sampaikan terima kasih atas penghargaan Top SDGs Award 2024 yang bekerja sama dengan Tras & Co. Ini akan menjadi motivasi bagi PT Vale untuk terus berkomitmen dalam menjalankan praktik pertambangan berkelanjutan yang tidak hanya memikirkan produksi saja,” ujarnya.

Endra Kusuma menekankan keberlanjutan tidak hanya berbicara soal produksi, tetapi juga tentang bagaimana perusahaan dapat berkontribusi dan bertanggung jawab terhadap lingkungan serta masyarakat. Dengan begitu, area operasional PT Vale mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

Pembangunan berkelanjutan menjadi fokus perusahaan dalam upaya meningkatkan kehidupan masyarakat, terutama di wilayah operasional. PT Vale memperkenalkan Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Dukungan SDGs Desa, yang menjabarkan delapan tujuan SDGs untuk mendukung pencapaian prioritas SDGs, antara lain: zero hunger, good health and well-being, quality education, decent work and economic growth, industry innovation and infrastructure, sustainable cities and communities, climate action, dan partnership for the goals.

Beberapa program yang mendukung pencapaian SDGs Desa meliputi pengadaan perahu desa siaga, pelatihan tenaga kerja, bank sampah dan mobil kebersihan desa, perkebunan nanas, konservasi area pesisir, program UMKM Desa, sarana air bersih, dan program-program lainnya.

“Masyarakat tumbuh bersama PT Vale lebih dari setengah abad di Sorowako, Luwu Timur. Berbagai program pendidikan, kesejahteraan sosial, dan pengembangan UMKM tidak lepas dari masukan masyarakat dan bersinergi dengan pemerintah daerah,” jelas Endra Kusuma.

SDGs bukan hanya tentang tanggung jawab sosial perusahaan, tetapi juga tentang integrasi strategis antara pertumbuhan bisnis dan kontribusi terhadap keberlanjutan global. Hal ini yang menjadi landasan bagi PT Vale untuk meraih penghargaan tersebut.

Penghargaan ini bertujuan untuk mengakui dan merayakan dedikasi perusahaan dalam menerapkan praktik bisnis yang mendukung SDGs melalui pendekatan inovatif dan berkelanjutan.

“PT Vale akan terus berusaha memacu pertumbuhan dengan memprioritaskan aspek ekonomi, lingkungan, dan sosial di wilayah operasional kami,” pungkasnya.

Pencapaian ini diharapkan dapat menginspirasi perusahaan lain untuk berkomitmen pada praktik bisnis yang mendukung keberlanjutan dan kesejahteraan masyarakat.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru