Mudik Gratis Pelindo Bikin Warga Bisa Berhemat Jelang Lebaran

Tri Yari Kurniawan
Selasa, 18 Apr 2023 22:42
Mudik Gratis Pelindo Bikin Warga Bisa Berhemat Jelang Lebaran
Regional Head 4 Pelindo Enriany Muis melepas ratusan peserta program mudik gratis Pelindo Group di Pelabuhan Soekarno-Hatta, Kota Makassar, Selasa (18/4/2023). Foto/Tri Yari Kurniawan
Comment
Share
MAKASSAR - Pelindo Group menggelar program mudik gratis dengan menyasar ratusan warga lingkup Provinsi Sulsel. Implementasi dari program TJSL ini mendapatkan apresiasi dari masyarakat, khususnya para peserta. Mudik gratis dari Pelindo Group ini dinilai mampu menghemat pengeluaran menjelang Hari Raya atau Lebaran Idul Fitri 1444 H/2023 M.

Salah seorang peserta program mudik gratis Pelindo Group, Sri Handayani, mengaku pihaknya bisa menghemat ratusan ribu bahkan jutaan rupiah. Terlebih, program mudik gratis Pelindo Group ini menanggung biaya perjalanan pulang dan pergi atau arus mudik dan arus balik Lebaran.



Bersama dua anaknya, Sri Handayani menyebut ongkos transportasi normal yang harus dikeluarkan Rp200 ribu per kursi atau artinya Rp600 ribu bersama dua anaknya. Pada musim mudik, tarif bus disebutnya biasanya naik hingga Rp300 ribu per kursi. Artinya butuh Rp900 ribu bersama anaknya atau Rp1,8 juta untuk pulang pergi.

"Program mudik gratis dari Pelindo ini sangat membantu sekali. Ya, setidaknya bisa mengurangi biaya atau pengeluaran menjelang Lebaran. Tarif bus ke Palopo itu Rp200 ribu per kursi, bahkan kalau jelang Lebaran bisa sampai Rp300 ribu. Nah, ini saya tiga orang sekeluarga ikut mudik gratis," kata dia, di sela pelepasan program mudik gratis Pelindo Group di Pelabuhan Soekarno-Hatta, Kota Makassar, Selasa (18/4/2023).

Direktur Strategi dan Teknik sekaligus Plh Direktur Utama PT Pelindo Jasa Maritim, Arief Prabowo, menyampaikan pihaknya menggandeng Damri dalam program ini. Terdapat dua rute yang disediakan yakni Makassar-Palopo dan Makassar-Bulukumba. Dominan diakuinya mengikuti rute Makassar-Palopo.

"Kami berangkatkan lima armada tujuan Palopo, totalnya 195 orang. Lalu, ada satu armada ke Bukukumba, 25 orang," ucapnya.

Menurut Arief, para peserta mudik gratis diberikan berbagai fasilitas. Mulai dari baju kaos, topi, hingga makanan baik untuk snack, buka puasa maupun sahur. Diakuinya, program mudik gratis dari Pelindo Group ini bukan hanya untuk arus mudik, tapi juga arus balik Lebaran.



Regional Head 4 Pelindo, Enriany Muis, yang turut hadir dan melepas langsung ratusan peserta mudik gratis, juga menjelaskan mengenai perkembangan arus mudik lewat jalur laut di wilayahnya. Diakuinya menjelang Lebaran, terjadi pertumbuhan arus penumpang yang cukup signifikan.

Enriany bilang sejauh ini terjadi kenaikan 69 persen arus penumpang untuk musim mudik tahun ini. Jumlah itu diakuinya di atas proyeksi Pelindo. Tahun lalu, arus penumpang disebutnya menembus 100 persen sehingga pihaknya memperkirakan lonjakan tahun ini terbilang standar.

"Kami menganggap tahun lalu sudah banyak, jadi tahun ini kami prediksi naik standar tapi ternyata animo masyarakat cukup tinggi. Yang dominan rutenya baik ke arah Barat maupun Timur, seperti Surabaya, Baubau dan Maumere," pungkasnya.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru