Arus Balik, 27.696 Penumpang Padati Bandara Hasanuddin pada H+2 Lebaran

Najmi S Limonu
Selasa, 25 Apr 2023 11:58
Arus Balik, 27.696 Penumpang Padati Bandara Hasanuddin pada H+2 Lebaran
Puluhan ribu pemudik padati Bandara Internasional Sultan Hasanuddin pada H+2 Lebaran atau arus balik Lebaran. Foto/Najmi S Limonu
Comment
Share
MAROS - Hari terakhir cuti bersama Idul Fitri 1444 H Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pekerja lainnya dimanfaatkan sebagian orang untuk kembali ke rumah masing-masing.

Dari pantauan di area keberangkatan penumpang pesawat di Bandara Sultan Hasanuddin, terlihat ratusan orang mulai memadati area keberangkatan penumpang, selasa pagi (25/4/2023).



Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I Bandara Sultan Hasanuddin, Iwan Risdianto, mengatakan pada H+2 lebaran ini, tercatat pergerakan penumpang di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin mengalami lonjakan sebesar 27.696 orang.

"Untuk hari ini mulai terlihat kepadatan penumpang pesawat, sebanyak 27.696 orang. Jumlah ini ada kenaikan dibanding tahun lalu, sekitar 20,84 persen. Tahun lalu pada priode yang sama hanya dikisaran 22.920 orang penumpang, terdapat kenaikan sebesar 20 persen lah," jelas Iwan Risdianto kepada awak media.

Dirinya menyebut selain pergerakan penumpang, pergerakan pesawat juga mengalami peningkatan dari tahun lalu pada periode yang sama.

"Saat ini pergerakan pesawat baik yang tiba maupun berangkat mencapai 203 Flight, jauh berbanding dengan tahun lalu dimana hanya berada dikisaran 195 Filght atau setara dengan 4,10 persen," terangnya.

Jumlah tujuan penumpang terbanyak masih didominasi tujuan Jakarta, Surabaya, DIY, Kendari dan Kalimantan.



Pihaknya memprediksi, lonjakan arus balik ini masih akan terjadi hingga H+5. Melalui posko terpadu angkutan lebaran 2023, Angkasa Pura I Makassar mempridiksikan puncak pergerakan penumpang akan terjadi pada H+5 lebaran pada hari Kamis 28 April 2023 mendatang.

"Kalau kami di posko terpadu angkutan lebaran memprediksi, masih akan terjadi kenaikan jumlah penumpang pesawat hingga H+5 ya. Kits berharap arus balik di Bandara berjalan aman dan lancar," pungkasnya.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru