35 Ribu Pemudik Padati Bandara Sultan Hasanuddin pada H-3 Lebaran Idul Fitri

Najmi S Limonu
Rabu, 19 Apr 2023 13:37
35 Ribu Pemudik Padati Bandara Sultan Hasanuddin pada H-3 Lebaran Idul Fitri
Suasana antrean pemudik di area Chek-In di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin. Aktivitas penumpang sudah mulai padat sejak H-3 Lebaran kemarin. Foto: SINDO Makassar/Najmi S Limonu
Comment
Share
MAROS - Kepadatan arus mudik di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin mulai terlihat. Jumlah penumpang pesawat dari dan menuju Makassar terus mengalami peningkatan, tercatat penumpang sudah mencapai 35.791 orang pada H-3 lebaran Idul Fitri 1444 H kemarin.

Tak seperti hari biasa, kali ini area Check-In sejumlah maskapai terlihat dipadati calon penumpang. Para penumpang mengantre untuk mendapatkan giliran validasi dokumen perjalanan.



Stakeholder Relation Manager Angkasa Pura I, Iwan Risdianto yang ditemui awak media mengatakan, jumlah penumpang pada pada H-3 Lebaran Idul Fitri kemarin, jumlah penumpang sudah mencapai 35.791.

"Dari data 18 April kemarin, jumlah penumpang sudah mencapai 35.791 orang. Hal ini sesuai preduksi awal masa lebaran Idul Fitri tahun 2023," katanya saat ditemui di Bandara Sultan Hasanuddin, Rabu (19/4/2023).

Dia menyebutkan, angka tersebut mengalami peningkatan sekitar 4 persen jika dibandingkan periode sebelumnya. Tahun 2022 kata dia, jumlah penumpang hanya 34.252. "Kalau tahun ini ada sedikit kenaikan bila dibandingkan tahun lalu. Kenaikannya tidak terlalu besar, hanya sekitar 4.49 persen," ujarnya.

Sementara itu, untuk pergerakan pesawat berada pada angka 266 pergerakan. Angka tersebut mengalami sedikit penurunan sekitar 0.75 persen jika dibandingkan periode sebelumnya.

"Pada periode sebelumnya pergerakan pesawat mencapai 268 pergerakan. Ada sedikit penurunan, disebabkan adanya perubahan penggunaan jenis pesawat. Maskapai menggunakan pesawat besar berbadan lebar, memuat lebih banyak penumpang," ujarnya.



Untuk rute tujuan keberangkatan penumpang pesawat kata dia, yang menjadi primadona adalah tujuan, Jakarta, Surabaya, Kendari, Balikpapan dan Jogjakarta. Iwan menambahkan, hinga saat ini sudah ada permintaan extra flight dari berbagai maskapai.

"Extra flight ada 11 untuk yang datang dan 9 yang berangkat," tutupnya.

(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru