114 Santri IMMIM Putra Diwisuda, 63 Orang Bebas Tes Masuk PTN

Tim Sindomakassar
Minggu, 07 Mei 2023 16:06
114 Santri IMMIM Putra Diwisuda, 63 Orang Bebas Tes Masuk PTN
Pondok Pesantren Modern Pendidikan Al-Quran IMMIM Putra menggelar wisuda tahun akademik 2022/2023 di Gedung DPP IMMIM Jalan Sudirman, Kota Makassar pada Sabtu (5/5/2023). Foto/Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Pondok Pesantren Modern Pendidikan Al-Qur'an IMMIM Putra menggelar wisuda tahun akademik 2022/2023 di Gedung DPP IMMIM Jalan Sudirman, Kota Makassar pada Sabtu (5/5/2023). Wisuda ini diikuti sebannyak 114 santri angkatan ke-XLIII.

Kegiatan yang dirangkaikan dengan munaqasyah dan wisuda 20 santri tahfidz/ penghafal Al-Qur'an tamat 30 juz, juga dilaksanakan pelantikan pejabat struktural lingkup pesantren IMMIM Putra.



Ketua YASDIC IMMIM, NurFadjri Fadeli Luran, mengaku sangat berbahagia. Ini disebabkan dari 114 santri yang tamat tahun ini, terdata 63 santri (54 % dari jumlah santri) berprestasi bebas tes masuk di 14 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia.

Beberapa kampus beken di antaranya, Universitas Indonesia, Unhas, UIN Alauddin dan berbagai perguruan tinggi Islam di Indonesia. Prestasi itu sesuai harapan Founding Father IMMIM, HM Fadeli Luran (alm) puluhan tahun silam yang memang menginginkan santri IMMIM diterima di perguruan tinggi besar dan ternama.

‘’Para santri IMMIM berprestasi tersebut terjaring melalui program Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan program Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) Kementerian Agama RI,’’ katanya.

Ia pun optimistis santri IMMIM yang akan diterima di PTN tahun ini akan mencapai 70 persen. Pertimbangannya, dalam waktu dekat, banyak alumni Pesantren IMMIM Putra yang akan mengikuti Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) Kemendikbud RI dan SPAN PTKIN Kemenag 2023.

Nur Fadjri menambahkan untuk jalur mandiri, belum ada pengumumannya. Diimbaunya pula agar santri yang lulus di perguruan tinggi agar melapor di bagian pendidikan untuk didata. Dan tentu akan menambah lagi presentase kelulusan. "Semoga presentase kelulusan santri IMMIM yg masuk Perguruan Tinggi semakin meningkat atau ada tambahan dari presentase yang lulus saat ini 53,3 %," ujarnya.

Sebelumnya, Direktur Ponpes IMMIM, Prof Muhammad Amri, melaporkan dengan bertambahnya 114 santri wisudawan, maka hingga 2023 ini, total alumni pesantren IMMIM telah mencapai 2.919 orang. Jumlah ini tak termasuk yang tamat di tingkat SMP.

‘’Adapun santri yang tamat, MIPA MA 39 orang, IPS MA 46 orang, MIPA SMA 16, iPS SMA 13. Untuk menunjang kelancaran proses pembelajaran, Ponpes IMMIM pPutra Makassar didukung tenaga edukasi 91 orang, dengan kualifikasi, Professor satu orang, S3 sebanyak 7 orang,S2 sebanyak 27 orang dan S1 mencapai 56 orang,’’ kata Pof Muhammad Amri.



Sekjen DPP IMMIM, Ishaq Samad, usai acara wisuda menyampaikan apresiasi dan harapan yang besar bagi kepemimpinan pejabat Ponpes Modern IMMIM Putra yang baru saja dilantik.

Ia berharap agar sinergi dan koordinasi dengan DPP IMMIM yang selama ini telah terjalin dengan baik, terus ditingkatkan sehingga dapat memberikan manfaat yang besar bagi kemajuan IMMIM.

Sekedar informasi, 63 santri yang lolos masuk di 14 perguruan tinggi negeri itu lewat dua jalur yakni Jalur SNBP sebanyak 23 santri dan jalur SPN-PTKIN sebanyak 32 santri. Selain itu, satu orang santri yang diwisuda hari ini lulus dan diterima melanjutkan kuliah Fakultas Tejurusan Arsitektur UI atas nama Kivlan Al-Islami.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru