Tekan Angka Pengangguran, Disnakertrans Gandeng TP PKK Gelar Pelatihan UMKM

Tim Sindomakassar
Selasa, 09 Mei 2023 11:17
Tekan Angka Pengangguran, Disnakertrans Gandeng TP PKK Gelar Pelatihan UMKM
Disnakertrans Sulsel bekerjasama dengan Tim Penggerak (TP) PKK Sulsel menggelar Pelatihan Peningkatan Produktivitas Angkatan I dan II Tahun Anggaran 2023. Foto/Dok Pemprov Sulsel
Comment
Share
MAKASSAR - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sulawesi Selatan (Sulsel) bekerjasama dengan Tim Penggerak (TP) PKK Sulsel menggelar Pelatihan Peningkatan Produktivitas Angkatan I dan II Tahun Anggaran 2023. Pelatihan dilaksanakan selama lima hari di Hotel Lynt Makassar rentang 8 - 12 Mei 2023.

Kepala Disnakertrans Sulsel, Ardiles Saggaf, mengatakan pihaknya bekerjasama dengan PKK dan Dekranasda Sulsel untuk mengurangi angka pengangguran. PKK dan Dekranasda sangat berperan penting dalam membantu pemerintah.



"Berdasarkan data BPS, angka pengangguran turun. Ini berkat peran PKK dan Dekranasda Sulsel," kata Ardiles, saat pembukaan Pelatihan Peningkatan Produktivitas Angkatan I dan II Tahun Anggaran 2023, belum lama ini.

Ardiles mengatakan, UMKM merupakan garda terdepan perekonomian nasional dan daerah. Di Sulsel, jumlah UMKM yang terdata mencapai 1,5 juta. "Melalui pelatihan ini, kita harap bisa semakin meningkatkan kinerja dan produktivitas daripada UMKM kita," imbuhnya.

Sementara, Staf Ahli TP PKK Sulsel mewakili Ketua TP PKK Sulsel, Sukarniaty Kondolele, saat membuka pelatihan mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan lima hari. Substansinya diharapkan bisa menjadi modal bagi para pelaku UMKM untuk membuka peluang kerja dan meningkatkan produktivitas. Khususnya permodalan dan marketing.

"Modal dan market sangat penting dalam peningkatan produktivitas," kata Sukarniaty.



Inovasi, menurut Sukarniaty, juga sangat dibutuhkan dalam peningkatan produktivitas produk. Termasuk dalam marketing, mengkolaborasikan dengan teknologi.

"Membangun jaringan dan networking juga sangat penting. Jadi sering-seringlah datang ke kegiatan seperti ini," imbuhnya.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru