Disdik Sulsel Gelar Pra Pendaftaran PPDB untuk Permuda Siswa

Gusti Ridani
Sabtu, 10 Jun 2023 17:25
Disdik Sulsel Gelar Pra Pendaftaran PPDB untuk Permuda Siswa
Pelaksanaan PPDB tingkat SMA Sederajat terus menjadi perhatian. Terbaru, Disidik Sulsel menggelar Pra-pendaftaran PPDB, Senin (5/6/23) lalu. Foto: SINDO Makassar/Gusti Ridani
Comment
Share
MAKASSAR - Pelaksana PPDB tingkat SMA Sederajat terus menjadi perhatian. Terbaru, Disidik Sulsel menggelar Pra-pendaftaran PPDB, Senin (5/6/23) lalu yang membuat orang tua siswa segera melakukan pendaftaran hingga membuat server down.

Kepala Disdik Sulsel, Iqbal Nadjamuddin menjelaskan pra PPDB dimaksudkan untuk memperpanjang waktu siswa untuk membuat akun. Hal ini dilakukan untuk mempermudah penyelenggaraan melakukan verifikasi data pada siswa di hari pendaftaran resmi PPDB.



"Tahun lalu ketika pendaftaran dilakukan, banyak siswa yang tidak sempat mengupdate data, dengan itu kami memberikan waktu yang panjang agar semua kuota terisi," ungkap Iqbal, Jumat (9/6/23).

Pra PPDB dinilai mempermudah pekerjaan verifikator sebab, di awal siswa sudah mengisi data yang diperlukan. Sehingga di hari pendaftaran siswa hanya perlu memilih jalur pendaftaran. Adapun terkait Juknis, masih sama dengan tahun sebelumnya.

Diketahui, hingga saat ini sudah ada 43.000 siswa yang memiliki akun pendaftaran PPDB, dan sudah dianggap aman untuk melanjutkan pendaftaran. Dengan itu ia berharap, sebelum masuk pendaftaran resmi 1 Juli mendatang, data siswa sudah terkumpul semua.



Selain itu, Iqbal menuturkan, PPDB menjadi persoalan hanya di Kota Makassar saja. Hal ini disebabkan kecenderungan orang tua siswa memaksakan anaknya masuk ke sekolah yang menjadi tujuan mereka. Hal itu memicu para orang tua menempuh segala upaya untuk dapat menyekolahkan anak mereka di sekolah unggulan.

"Persoalan PPDB hanya ribut di makassar, kalau memang anaknya tidak memenuhi syarat orang tua jangan paksakan dengan mencari orang yang dapat memfasilitasi. Kita mengikuti saja juknis yang ada," pungkasnya.
(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru