Status Siaga Terkait El Nino Dinaikkan, Modifikasi Cuaca Segera Dilakukan

Gusti Ridani
Selasa, 29 Agu 2023 16:12
Status Siaga Terkait El Nino Dinaikkan, Modifikasi Cuaca Segera Dilakukan
El Nino menyebabkan kekeringan di beberapa wilayah di Indonesia. Di Kabupaten Maros, ada 115 hektare sawah yang mengalami kekeringan. Foto: Ilustrasi
Comment
Share
MAKASSAR - Dampak El Nino sudah mulai dirasakan masyarakat di beberapa daerah di Sulsel, mulai dari kekurangan air bersih hingga potensi puso (gagal panen). Fenomena tahunan ini bakal mencapai puncaknya Oktober hingga Desember.

Dengan itu, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mulai menyusun langkah taktis dalam menghadapi terjangan El Nino. Kepala Pelaksana BPBD Sulsel, Amson Padolo mengatakan, antisipasi jangka panjang telah disusun. Strategi pamungkas yang disiapkan Pemprov Sulsel ketika situasi sudah semakin memburuk adalah mengadakan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC).



"Kita akan melakukan nanti apabila kondisi ini berdampak luas. Kita sudah koordinasi dengan BNPB, sudah dikoordinasikan secara nasional beberapa waktu lalu. Sisa kita laporkan ke BNPB jika dampaknya sudah meluas," ujar Amson, Senin (28/8/23).

Saat ini, pihaknya masif melakukan assesmen terhadap daerah-daerah yang sudah menaikkan status siaganya. Nantinya, TMC tersebut bakal menurunkan kantong-kantong hujan di sekitaran wilayah bendungan.

Lanjut Amson, sudah ada beberapa daerah yang menaikan status Siaga Darurat terkait El Nino. Misalnya Pinrang, Wajo, Jeneponto, Bantaeng, dan Bone.

"Yang cenderung aman itu seperti daerah Toraja, Toraja Utara, Luwu. Daerah selain itu sudah siaga kekeringan," tukasnya.

Dalam menghadapi situasi tersebut, ia mengimbau agar masyarakat ikut serta meminimalisir terjadinya potensi kebakaran di daerah-daerah pemukiman. Serta akan ada pemaksimalan pompa air di wilayah pertanian.

Sementara itu, Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman telah menggelar apel siaga gabungan antara TNI dan Polri terkait kesiap siagaan Pemprov menghadiri ancaman El Nino.



"Kita mau ada kesiap-siagaan untuk melihat kedaruratan di Sulsel. Kita persiapan semua, kita sudah berkoordinasi dengan kepolisian apa yang kita anggap penting untuk diintervensi nantinya," ujar Andi Sudirman.

Adapun terkait anggaran yang akan digunakan, pihaknya akan menggunakan anggaran tak terduga untuk mengantisipasi dampak El Nino di beberapa kabupaten/kota di Sulsel.

"Kita berdoa mudah-mudahan tidak berkepanjangan, dan tidak terjadi dan berdampak signifikan," tutupnya.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru