Kasau Resmikan Pemanfaatan Base Ops Lanud Hasanuddin Makassar

Najmi S Limonu
Rabu, 30 Agu 2023 20:36
Kasau Resmikan Pemanfaatan Base Ops Lanud Hasanuddin Makassar
Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo meresmikan penggunaan Base Ops Lanud Sultan Hasanuddin di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, pada Rabu (30/08/23). Foto/Najmi S Limonu
Comment
Share
MAROS - Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo meresmikan penggunaan Base Ops Lanud Sultan Hasanuddin di Kabupaten Maros, Sulawesi selatan, pada Rabu, (30/08/23).

Tiba di Apron Galaktika Lanud Sultan Hasanuddin menggunakan pesawat khusus, Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo langsung disambut oleh Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI Benny Arfan bersama Forkopimda Sulawesi Selatan.

Dalam sambutannya, Kasau menyebut jika peresmian Base ops ini ke depannya akan mempermudah dalam mendukung operasional penerbangan Lanud Hasanuddin.

"Base Ops ini memiliki luas 4.047,48 m2. Dengan diresmikannya Base Ops ini, kita berharap dapat menunjang tugas maupun operasional, baik dalam tugas operasi militer perang maupun operasi militer selain perang," jelasnya.

Dengan penekanan tombol sirine pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti, secara resmi Kasau didampingi Danlanud Sultan Hasanuddin pun meresmikan Base Ops Lanud Hasanuddin.

Sementara itu, Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Dispenau) Marsma TNI R. Agung Sasongkojati mengatakan peresmian Base Ops Lanud Hasanuddin ini diresmikan oleh Kasau.

"Hari ini kita bersama-sama merayakan peresmian Base Ops Lanud Hasanuddin yang barusan dibangun dan diresmikan oleh Bapak Kepala Staf Angkatan Udara," terangnya.

Dia mengatakan Base Ops ini berfungsi sebagai tempat perencanaan penerbangan pembuatan jalur penerbangan.

"Base ops ini berfungsi sebagai tempat dimana perencanaan penerbangan pembuatan flight fline penerbangan dan nantinya bisa diatur, disini juga kita bisa mendapatkan briefing cuaca, dan briefing penerbangan, dan tempat ini juga menjadi ruang tunggu bagi para penumpang dan para awak pesawat," kata dia.

Tidak hanya untuk keperluan penumpang, Base Ops Lanud Hasanuddin juha berfungsi sebagai tempat kargo untuk mengangkut barang bila terjadi bencana dan sebagainya.

Lanjut ditambahkan Kadispenau, jika Base ops ini merupakan multi fungsi, luasnya pun jauh lebih besar dari Base Ops terdahulu. "Luas Base Ops ini jauh lebih besar dari Base Ops terdahulu dua kali lipat. Ini akan bekerja sama dengan base ops sipil di bandara hasanuddin untuk sama sama mengatur penerbangan, agar bisa dilaksanakan secara aman dan selamat bagi kepentingan pertahanan dan kepentingan untuk penerbangan sipil," tambahnya.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru